Sukses

Beauty

Berat Badan Tetap Stabil Walau Tak Sedang Diet, Ini Tipsnya

Obesitas atau kelebihan berat badan merupakan fenomena yang umum terjadi dewasa ini. Bahkan, menurut laporan data WHO pada 2014, 25% penduduk di Asia mengalami obesitas.

Penyebab terjadinya obesitas atau kegemukan ini, umumnya dikarenakan pengelolaan berat badan yang kurang baik. Menjaga berat badan tetap sehat dan ideal, tidak sekadar memerhatikan makanan apa saja yang diasup tapi juga pola hidup secara keseluruhan.

Disebutkan dalam laman www.everydayhealth.com, ada 4 hal yang perlu diperhatikan dalam pengelolaan berat badan agar tetap stabil. Apa sajakah  hal tersebut? Yuk, simak.

  • Pola Makan. Mengatur pola makan tidak hanya dilakukan saat diet. Hal ini pun bukan sekadar menghitung kalori yang diasup dan dikeluarkan saja, tapi juga mengatur keseimbangan yang tepat antara jumlah protein, lemak dan karbohidrat. Karena kebutuhan nutrisi tiap individu berbeda, tergantung kondisi tubuh, mengatur pola makan yang sehat untuk menjaga berat badan bisa dilakukan dengan 2 cara yakni pola makan rendah karbohidrat atau rendah lemak.
  • Kebiasaan Makan. Kapan Anda  makan sama pentingnya dengan apa yang Anda makan. Karenanya, penting sekali untuk menjaga keteraturan dalam membiasakan waktu makan. Untuk jadwal makan, usahakan untuk makan siang sebelum pukul 15.00. Sedangkan untuk makan malam, lebih 'aman' disantap empat jam sebelum tidur.
  • Manajemen Stres. Tingkat stres yang tinggi merupakan salah satu penyebab kegemukan. Saat stres, Anda cenderung tidak bisa mengontrol asupan makanan yang masuk dan cenderung membentuk kebiasaan 'emotional eating', yaitu makan berdasarkan keinginan bukan kebutuhan.
  • Cukup Tidur. Tidur sangat berpengaruh dalam membantu mengelola berat badan. Tak hanya itu, tidur juga diperlukan untuk menjaga kesehatan. Anda disarankan tidur malam selama 7-8 jam. Tapi sebaiknya jangan terlalu terpaku pada kuantitas melainkan kualitas tidur.


Nah, itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk bisa menjaga berat badan agar tetap ideal dan terhindar dari obesitas. Semoga bermanfaat.



(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading