Sukses

Beauty

Bebas Pikun Di Usia Tua Dengan 20 Menit Latihan Angkat Beban

Latihan angkat beban memang berfungsi membentuk otot di berbagai bagian tubuh. Mulai dari otot bahu, dada, punggung, lengan hingga kaki. Namun, belakangan diketahui, angkat beban ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan otak.

Studi yang dilakukan peneliti di Georgia Institute of Technology menemukan bahwa latihan angkat beban yang intens bisa meningkatkan daya ingat hingga 10 persen. Tak perlu waktu lama, cukup 20 menit dalam satu sesi latihan.

Hasil ini diketahui setelah peneliti melakukan percobaan terhadap 46 anak muda. Mereka diminta mengingat 90 foto di layar komputer. Responden dibagi menjadi dua kelompok, yang pertama mengingat foto sambil latihan menggerakkan kaki sebanyak 50 kali. Sedangkan kelompok kedua hanya duduk tanpa melakukan aktivitas fisik. Air liur setiap responden kemudian diambil sebagai sample.

Dua hari kemudian, responden kembali diperlihatkan foto-foto dengan jumlah dua kali lebih banyak. Dari 180 foto, 90 di antaranya merupakan gambar yang sama, yang pernah ditunjukkan pada pertemuan sebelumnya. Para responden pun diminta menyebutkan foto-foto mana saja yang pernah dan baru mereka lihat.

Seperti dijelaskan dari laman www.huffingtonpost.co.uk, dari penelitian ini diketahui bahwa ingatan kelompok yang melihat foto sambil olahraga lebih baik ketimbang yang hanya duduk diam. Responden di kelompok pertama bisa mengingat foto yang pernah mereka lihat sekitar 60 persen, sedangkan kelompok kedua hanya 50 persen.

Khasiat olahraga untuk meningkatkan kemampuan otak juga pernah terungkap dalam penelitian lainnya. Berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Brain, yang disebutkan dalam lamanĀ  timesofindia.com, aktivitas kardiovaskular bisa dijadikan sebagai bagian dari pengobatan pada orang demensia. Selain itu, latihan kardio yang rutin dan tepat juga akan membuat otak lebih tahan terhadap kerusakan dan penyakit. Aktivitas kardiovaskular bisa berupa aerobik, kickboxing atau jogging.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading