Sukses

Beauty

Wow, Penelitian Buktikan Minum Air Putih Sebelum Makan Bikin Langsing!

Ingin langsing atau menurunkan berat badan? Salah satu kuncinya adalah dengan lebih memperhatikan dan mengatur pola makan. Dan caranya juga sebenarnya nggak ribet, kok.

Minum dua gelas air putih sebelum makan ternyata bisa bikin langsing, lho. Dilansir dari lifehack.org, sebuah penelitian di University of Birmingham membuktikan kebenarannya. Jadi sebelum mencoba diet ketat atau olahraga mati-matian demi melangsingkan tubuh, coba dari cara mudah ini dulu deh.

Dalam penelitian tersebut, dipilihlah 80 orang dewasa penderita obesitas. Separuh dari mereka (kelompok pertama) diminta untuk minum satu hingga dua gelas air sebelum makan. Sementara separuh lainnya (kelompok kedua) diminta untuk membayangkan kalau mereka sudah kenyang duluan sebelum duduk untuk makan.


Hasilnya orang-orang dalam penelitian tersebut sama-sama turun berat badannya. Tapi mereka yang minum air sebelum makan berhasil menurunkan berat badan 4,3 kg selama 12 minggu. Dibandingkan kelompok kedua, bobot kelompok pertama turun lebih banyak 1,2 kg.

Tampaknya orang-orang yang minum duluan sebelum makan memiliki kecenderungan makan lebih sedikit. Karena sudah merasa kenyang duluan jadinya makan pun tak bisa banyak-banyak. Hanya saja penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan dengan rentang kelompok dan usia yang lebih luas.

"Poin utama dari penelitian ini adalah kepraktisannya. Cukup minum air, tiga kali sehari, sebelum makan besar bisa bantu menurunkan berat badan," kata Dr. Helen Parretti, peneliti dari University of Birmingham.


Selain bikin lebih cepat kenyang, minum air juga bantu memperlancar sistem metabolisme. Yang akhirnya bisa bantu menurunkan berat badan dalam jangka waktu panjang.

Lalu, air minum yang dipilih sebaiknya yang dingin atau hangat? Umumnya pilih air putih dengan suhu ruangan. Tapi sejumlah ahli mengatakan kalau minum air es bisa bantu bakar lebih banyak kalori. Alasannya adalah karena tubuh akan bekerja lebih keras 'menghangatkan' air sehingga tubuh akan menggunakan lebih banyak kalori.

Mengatur dan mengendalikan pola makan memang cara paling dasar untuk bisa mendapatkan tubuh ideal. Kalau kamu tidak mau repot mengikuti berbagai pola diet atau aturan ketat mendapatkan tubuh langsing, membiasakan diri minum air sebelum makan bisa jadi langkah awal yang tepat untukmu.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading