Sukses

Beauty

6 Tips Diet Sehat Tanpa Menguras Dompet

Siapa sih yang tidak ingin mempunyai tubuh sehat dan seksi seperti model dan para artis? Apalagi saat ini, healthy lifestyle sedang menjadi salah satu hal yang booming dan populer. Ada satu kutipan yaitu “Abs are made in the kitchen” yang berarti tubuh yang sehat berawal di dapur. Ternyata rahasia mendapatkan tubuh yang ideal ada di makanan yang kita konsumsi.

Diet yang benar adalah diet yang tujuan akhirnya menjaga kesehatan tubuh dan menghindarkan dari berbagai macam penyakit. Bahkan diet ternyata bisa juga menghemat uang. Tidak percaya? Cek tips dari AsmaraKu.com berikut ini:

    Ganti Snack Dengan Buah

    Lupakan snack yang biasa Anda konsumsi dan beralihlah ke buah-buahan. Triknya, taruh buah-buahan di kulkas sehingga mudah terlihat. Buah-buahan sangat penting dan bagus untuk dijadikan snack namun kadang terlupakan karena berada di tempat yang salah. Apel, jeruk, pisang, strawberry dan alpukat adalah teman terbaik Anda saat diet.

    Banyak Minum Air Putih

    Hal ini memang terdengar sepele namun ternyata juga menjadi kunci penting kesuksesan diet Anda. Meminum air putih 3 liter perhari dapat membantu meningkatkan tingkat metabolisme dalam tubuh. Alhasil, pembakaran kalori saat berolahraga akan lebih maksimal. Selain itu, air putih juga bisa meredakan lapar sehingga akan membatasi kalori yang masuk saat makan.  Jika Anda tidak terlalu suka minum air putih, coba tambahkan irisan lemon, mentimun atau strawberry dalam air. Rasa segar buah-buahan ini dapat merangsang untuk sering minum. Awali hari dengan segelas air hangat yang dicampur dengan irisan lemon setiap pagi sesaat setelah bangun tidur untuk detox tubuh.

    “Hara Hachi Bu”

    Ada satu kutipan dari Jepang yang berarti makanlah hingga 80% kenyang.  Makan secara berlebihan akan membuat perut mengeluarkan enzim pencernaan secara berlebihan. Akibatnya makanan tak dapat dicerna secara sempurna. Makanan yang tak tercerna dengan baik itu masuk ke usus dan mengalami fermentasi yang selanjutnya menimbulkan gas. Perut akan terasa kembung dan bahkan bisa menyebabkan diare. Selain itu perut yang terlalu kenyang akan menekan seluruh sistem pencernaan makanan sehingga akan menghambat proses pencernaan. Untuk itu jangan makan secara berlebihan, ketahui lebih lanjut suplemen untuk menjaga kesehatan Anda.

    Jangan Lupakan Sayuran

    Selain buah, sayuran juga harus ada dalam menu makan setiap hari. Sayuran kaya serat yang dibutuhkan pada saat proses metabolisme tubuh. Kandungan air dalam sayuran juga tinggi dengan kalori yang rendah sehingga bisa dikonsumsi beberapa kali meskipun dengan porsi yang besar. Porsi sayuran harus lebih banyak memenuhi piring dibandingkan dengan nasi sehingga tetap kenyang tapi menyerap lebih sedikit kalori dari biasanya.

    Atur Porsi Makanan Dengan Tangan

    Tidak perlu repot untuk mencari timbangan karena ternyata tangan Anda bisa digunakan sebagai skala sederhana untuk mengatur porsi makanan. Gunakan rumus mudah ini untuk mengatur porsi makan. Untuk makanan yang mengandung banyak protein seperti tahu dan daging, makanlah tidak lebih dari telapak tangan. Dua genggam sayuran cukup untuk membuat kenyang dan segenggam buah untuk menyegarkan tubuh Anda.

    Olahraga

    Selain diet, Anda tetap harus berolahraga secara teratur untuk tetap menjaga tubuh agar fit dan sehat. Mulailah dengan hal yang sederhana seperti lebih banyak berjalan kaki atau jogging.

Itulah beberapa tips diet dari AsmaraKu yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi berat badan dengan cara yang sederhana. Kunci dari keberhasilan diet adalah disiplin dan selalu berpikir positif. Jadi jangan mudah menyerah dan terus berusaha untuk hidup sehat ya.

(vem/asmaraku.com/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading