Sukses

Beauty

Lari atau Jalan Kaki, Mana yang Lebih Efektif untuk Cepat Kurus?

Untuk bisa diet atau menurunkan berat badan dengan cara alami dan aman, olahraga wajib kita lakukan. Hanya saja terkadang kita masih bingung, olahraga apa ya yang gampang tapi juga efektif untuk membuat kita cepat kurus. Dua jenis olahraga yang paling mudah adalah lari dan jalan kaki. Nah, dari dua jenis olahraga itu, mana yang lebih efektif?

Olahraga lari dan jalan kaki, masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dilansir dari lifehack.org, jalan kaki juga bisa membantu kita untuk bisa cepat kurus, lho. Selengkapnya, yuk simak infonya di bawah ini.

Plus Minus Olahraga Lari
Olahraga lari menguras energi 2,5 kali lipat dibandingkan berjalan. Oke, makin banyak energi digunakan, maka kalori yang dibakar juga makin besar. Berolahraga lari bisa membantu kita menjaga indeks massa tubuh kita dan nafsu makan.

Tapi olahraga lari juga punya sisi negatifnya. Saat berat badanmu turun berkat lari, massa yang paling banyak berkurang adalah massa otot dan bukan lemak. Alasannya karena otot kita lebih metabolis sehingga cenderung lebih banyak membakar kalori dan bukan lemak.

Kalau olahraga lari dilakukan secara berlebihan, maka produksi kortisol dalam tubuh akan meningkat. Hormon stres ini pun bisa meningkatkan nafsu makan kita. Akibatnya? Sudah bisa ditebak, kita bisa merasa terus lapar dan nafsu makan tidak terkontrol dengan baik. Kortisol meningkat, kemampuan tiroid untuk memproduksi hormon T4 juga terpengaruh, sehingga kita bisa kehilangan energi dan lemak tak bisa terbakar sempurna.


Plus Minus Olahraga Jalan Kaki
Jalan kaki bisa mengurangi risiko terkena hipertensi, kolesterol tinggi, diabetes, dan penyakit kardiovaskular. Untuk menurunkan 0,5 kg seminggu, kita perlu membakar 500 kali per hari. Nah, untuk bisa mencapai target itu, kita perlu olahraga jalan kaki (power walking) sejam per hari. Atau kalau nggak punya waktu khusus untuk olahraga jalan kaki, setidaknya habiskan waktu sekitar 1,5 jam per hari untuk kegiatan yang melibatkan jalan kaki.

Karena olahraga jalan kaki tak membutuhkan energi sebanyak olahraga lari, ada baiknya kita melakukan jenis olahraga tambahan. Kalau sudah punya target menurunkan berat badan, kita perlu usaha sebaik mungkin.

Lebih Baik Lari atau Jalan Kaki?
Pilihan ini kembali pada diri kita masing-masing. Kalau olahraga lari, jangan sampai berlebih dan di luar batas kemampuan diri kita. Kalau memilih jalan kaki, lakukan dengan konsisten.

Untuk menurunkan berat badan secara aman dan alami, memang butuh proses dan waktu. Jadi, jangan gampang menyerah, ya Ladies.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading