Sukses

Beauty

4 Trik Agar Tidak Kalap Makan di Malam Hari

Malam hari adalah waktu yang sangat kritis jika berhubungan dengan makanan. Telah banyak penelitian menemukan bahwa seseorang yang makan besar di malam hari cenderung lebih mudah mengalami kenaikan berat badan. Di sisi kesehatan, makan terlalu banyak di malam hari juga akan memberatkan kerja organ pencernaan, terlebih lagi makan malamnya menjelang tidur.

Tapi seperti yang sudah dituliskan, malam hari adalah waktu kritis. Ada banyak godaan makanan enak yang datang. Silakan hitung, gerobak nasi goreng mulai lewat di depan rumah, tukang martabak telur mulai membuka lapak, belum lagi sate, lalapan, roti bakar dan sebagainya. Agar tidak mudah tergoda, Anda bisa melakukan 4 trik ini!

(vem/yel)

Hindari Makanan Manis

Satu hal yang harus Anda hindari di malam hari, yaitu makanan manis yang mengandung gula. Gula yang manis ini ternyata salah satu pencetus rasa lapar. Diam-diam, gula akan membuat otak ingin makan lagi dan lagi. Maka hindari makanan manis yang mengandung gula, termasuk minuman-minuman manis kesukaan Anda. Ingatlah, gula tidak mengandung lemak tetapi sangat bisa membuat Anda gemuk.

Daripada makan-makanan manis yang seringkali tidak sehat, gantilah asupan makanan manis dengan buah segar, semangka, apel, pir, melon dan sebagainya. Potonglah dalam ukuran sekali gigi dalam wadah plastik dan masukkan kulkas. Sehingga saat Anda butuh makanan manis, tinggal makan saja.

Sembunyikan Camilan Anda

Malam-malam tuh enak banget ngemil keripik sambil nonton film atau drama Korea. Tapi tahukah Anda, kalori dalam camilan-camilan ‘ringan’ itu justru sangat banyak dan bisa menambah lingkar pinggang Anda dengan cepat. Maka sembunyikan camilan kesayangan Anda.

Seseorang cenderung menikmati makanan yang ada di depan mata dan di tempat yang mudah terjangkau. Maka trik ini akan sangat efektif bagi Anda yang suka ngemil. Jika perlu, minta orang lain untuk menyembunyikan camilan kesayangan Anda. Akan lebih bagus jika camilan yang ada di depan mata dalam bentuk buah potong.

Atur Jam Makan

Kunci dari berat badan ideal adalah mengatur jam makan dan porsinya. Saat siang hari, makanlah tetapi jangan sampai terlalu kenyang. Makan terlalu kenyang biasanya akan membuat Anda mengantuk dan membuat Anda ingin makan lebih banyak di malam hari.

Perhatikan juga jam-jam di antara jam makan besar, Anda boleh saja ngemil seperti buah atau smoothies buatan sendiri. Ingat ya, pilih camilan sehat di jam-jam tertentu saat Anda merasa lapar. Ngemil buah segar lebih baik daripada martabak.

ang martabak telur mulai membuka lapak, belum lagi sate, lalapan, roti bakar dan sebagainya. Agar tidak mudah tergoda, Anda bisa melakukan 4 trik ini!

 

Makan Besar di Malam Hari Bolehkah?

Anda tentu mengenal konsep bahwa dalam satu hari, bukan dilihat dari jam berapa Anda makan, tetapi berapa banyak kalori yang sudah masuk ke dalam tubuh Anda. Maka trik ini bisa Anda coba.. Makanlah sedikit saat sarapan atau gabungkan dengan makan siang dengan porsi yang cukup dan tidak terlalu kenyang.

Jika Anda memang lebih suka makan besar di malam hari, cara ini tidak akan membuat Anda merasa bersalah karena sudah makan banyak sepanjang hari. Tapi ingat, sebesar apapun porsi makan malam, sesuaikan dengan kebutuhan. Akan lebih baik jika Anda makan malam 3 jam sebelum jam tidur agar pencernaan bekerja lebih baik.

[pos_1]

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading