Sukses

Beauty

Jika Anda Anak Pertama, Berat Badan Anda Lebih Gampang Naik

Hanya makan makanan sehat, menjaga pola makan, dan olahraga teratur namun masih merasa kesulitan menurunkan berat badan? Mungkin saja itu ada hubungannya dengan silsilah keluarga Anda, Ladies, seperti yang dilansir oleh elle.com. Dalam suatu penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Epidemiology & Community Health, ditunjukkan bahwa wanita yang paling tua dalam persaudaraan akan sangat dirugikan jika sudah berhubungan dengan kenaikan berat badan.

Para peneliti dari New Zealand dan Swedia meneliti kehidupan 13.000 pasangan saudara perempuan dari Swedia, baik mereka yang dilahirkan pertama atau kedua, selama 20 tahun terakhir. Ini adalah penelitian terbesar yang melibatkan wanita. Dan hasil yang ditunjukkan hampir sama dengan penelitian serupa yang dilakukan pada pria. 

Mereka menemukan bahwa 29% dari wanita yang dilahirkan pertama kali (anak pertama) berisiko kelebihan berat badan, sementara 40% lain berisiko mengalami obesitas. Risiko yang lebih besar jika dibandingkan dengan sang adik. Beberapa dari mereka juga lahir dengan berat badan yang lebih besar, sementara beberapa lainnya memiliki tinggi badan yang lebih tinggi saat sudah dewasa. Mereka juga memiliki IMT yang lebih besar saat hamil. Belum cukup sampai di situ, anak pertama juga dinilai lebih berisiko menderita penyakit seperti diabetes atau tekanan darah tinggi. 

Para peneliti berpendapat, karena penelitian ini dilakukan berdasarkan observasi, maka belum ditemukan penyebab yang valid bagaimana hal itu bisa terjadi. Beberapa peneliti berpendapat bahwa ini ada hubungannya dengan kadar nutrisi dalam rahim dan plasenta, yaitu organ yang memprogram ulang cara penyimpanan lemak dan gula dalam tubuh. Ada pula yang berpendapat bahwa seringkali para orang tua berlebihan memberi asupan gizi pada anak pertamanya. Bahkan mereka juga berpendapat bahwa obesitas terjadi akibat para orang tua sejak awal sudah berencana hanya akan memiliki sedikit anak.

Meskipun hal ini tidak terjadi pada semua orang, namun jika hal ini terjadi pada Anda, setidaknya sekarang Anda tahu penyebabnya. Meskipun berat badan susah turun, namun hidup sehat harus tetap dijaga ya, Ladies.

(vem/reg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading