Sukses

Beauty

Ladies, Berhentilah Membenci Bentuk Tubuh Anda Jika Ingin Sehat

Tidak menyukai bentuk tubuh, sudah bukan hal baru lagi bagi para wanita masa kini. Dihadapkan dengan wanita-wanita cantik dengan bentuk badan bagus di layar kaca, diduga menjadi salah satu penyebabnya. Mengeluhkan bentuk tubuh Anda kepada orang lain, tentu bukanlah hal yang baik untuk dilakukan. Hal ini akan berpengaruh pada cara orang lain memandang Anda, dan orang itu belum tentu suka mendengarnya.

Tapi bukan hanya itu saja dampaknya. Malu pada bentuk tubuh Anda dinilai akan membawa dampak buruk bagi kesehatan Anda, seperti yang ditulis dalam Cosmopolitan.com. Pernyataan tersebut dibuat berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diĀ Bucknell University.

Pertama-tama, para peneliti mengukur kadar rasa malu yang dirasakan oleh 117 wanita, melalui apa yang mereka rasakan saat mendengar kalimat "Saat ukuran tubuhku berbeda dari yang seharusnya, aku merasa malu". Para peneliti lalu mendata seberapa sering wanita-wanita tersebut terkena infeksi (misalnya infeksi jamur, bronkitis, dan sebagainya) serta gangguan kesehatan seperti pusing atau mual, dalam 5 tahun terakhir. Para peneliti juga mengukur kondisi kesehatan wanita-wanita tersebut dalam 5 skala kesehatan.

Penelitian kedua, para peneliti melakukan tes yang sama pada 181 wanita lain, dan dilakukan pada bulan September. Lalu pada bulan Desember, para peneliti melakukan tes kesehatan pada wanita-wanita tersebut untuk melihat ketahanan tubuh mereka terhadap musim flu, namun tetap dihubungkan dengan depresi, ketergantungan rokok, serta berat badan.

Hasilnya, mereka menemukan hubungan sebagai berikut: Wanita dengan rasa malu yang tinggi terhadap bentuk tubuhnya, cenderung lebih mudah sakit, serta memiliki kondisi kesehatan yang lebih buruk. Bukan hanya itu, wanita-wanita yang tidak suka dengan bentuk tubuhnya yang diuji pada bulan September, dilaporkan terserang berbagai penyakit pada bulan Desember.

Para peneliti beranggapan bahwa hal ini terjadi karena wanita yang tidak suka dengan bentuk tubuhnya, akan lebih tidak bertanggung jawab terhadap kesehatannya. Mereka tidak akan berusaha mencari cara agar tubuhnya tetap sehat, atau tidak berusaha mencari pengobatan saat merasa akan sakit. Meskipun begitu, mereka merasa masih harus mengembangkan penelitian ini lebih luas lagi.

Paling tidak, dengan adanya penelitian ini, Anda tahu bahwa tidak mensyukuri bentuk tubuh Anda, justru membawa dampak buruk bagi kesehatan Anda. Dan, tidak memperhatikan kesehatan tubuh Anda juga tidak akan membuat bentuk tubuh Anda jadi lebih baik, bukan? You are beautiful, Ladies.

(vem/reg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading