Sukses

Beauty

Berapa Kilo Per Bulan Sebenarnya Penurunan Berat Badan Yang Aman dan Sehat?

Banyak orang, khususnya wanita, lebih dominan memikirkan tentang berat badan ideal mereka. Dan hal ini pula lah yang menjadi alasan melakukan diet ketat hingga ingin menurunkan berat badan sebanyak mungkin hanya dalam sebulan.

Namun seberapa banyak sih berat badan yang bisa turun dalam sebulan dan dianggap aman? Seperti dilansir dari livestrong.com, penurunan berat badan yang aman dan efektif tergantung dari berat badan Anda saat ini. Buatlah kombinasi yang seimbang antara asupan makanan dan aktivitas fisik yang bisa membakar kalori sehingga tidak membuat tubuh menumpuk lemak.

Berdasarkan website The Family Doctor, penurunan berat badan yang sehat sekitar 0,5 hingga 1 kg per minggu, jadi Anda hanya bisa menurunkan berat badan sekitar 2-4 kg per bulan. Lebih dari itu tidak sehat. Turun lebih dari 1 kg per berarti Anda juga kehilangan massa otot tubuh serta air di dalam tubuh, bukan lemak.

Penurunan berat badan signifikan lebih dari angka tersebut juga berarti bisa menurunkan energi tubuh dan membuat tubuh lemas dan tidak bertenaga. Perlu diingat pula, bahwa penurunan berat badan setiap orang bisa berbeda-beda, tergantung dari umur dan jenis kelamin bahkan setiap wanita bisa berbeda-beda.

Untuk memulai diet sehat, ganti asupan makanan Anda dengan makanan rendah kalori, kaya serat, dan bernutrisi. Seperti misalnya ganti makanan penutup dengan buah-buahan daripada kue manis dan keripik. Perbanyak minum air, asupan sayur dan kurangi makanan berminyak dan berlemak. Cukup sederhana bukan?

Jadi, sebaiknya pastikan bahwa Anda tidak memilih cara diet yang salah dan berpatok pada penurunan berat badan yang ekstrem karena itu justru tidak sehat. Sebelum memutuskan untuk menjalani diet, pastikan Anda benar-benar sehat dan tidak sedang menjalani pengobatan atau sedang sakit. Jika perlu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter jika Anda punya penyakit bawaan seperti diabetes, asma, alergi dan lain sebagainya.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading