Sukses

Beauty

Ini Dia Alasan Mengapa Berat Anda Terus Naik Pada Usia 20 Ke Atas

Ladies, apakah Anda pernah merasa berat badan Anda naik beberapa kilo setelah makan 1 potong pizza, sementara berat badan teman Anda tidak naik sama sekali padahal ia makan lebih banyak? Ternyata, penyebabnya bukan hanya genetik Ladies, tapi juga berhubungan dengan masa kecil Anda, seperti yang dilansir oleh Cosmopolitan.com.

Sebuah penemuan baru dari  Michigan State University, yang dipublikasikan dalam jurnal Social Science and Medicine, menemukan bahwa stres pada masa kecil, berdampak sangat besar pada kenaikan berat badan wanita dewasa. Para peneliti tersebut menggunakan data dari American's Changing Lives yang telah mensurvei 3.617 orang dalam periode 15 tahun.

Mereka menemukan bahwa wanita yang mengalami stres berat sebelum berusia 16 tahun (misalnya perceraian orang tua, kehilangan keluarga, sekolah, kehidupan ekonomi) akan mengalami kenaikan berat badan yang lebih cepat saat dewasa. Para peneliti berpendapat bahwa penyebabnya adalah wanita-wanita tersebut telah terbiasa dengan pola hidup tertentu, yang berhubungan dengan makan serta olahraga, pada usia yang masih sangat muda, dan saat dewasa mereka kesulitan lepas dari pola hidup tersebut.

Sedangkan para pria, tidak ada hubungan yang erat antara stres dan kenaikan berat badan, serta masa kecil dan masa dewasa. Belum jelas mengapa perbedaan gender berpengaruh pada hal ini, namun para peneliti memiliki 2 pendapat. Pertama, wanita dewasa lebih mudah mengalami depresi dibandingkan pria dewasa, dan hal ini mengarah pada keinginan untuk memuaskan nafsu makan. Kedua, hampir mirip sih, wanita cenderung lebih memilih makan untuk mengalihkan stres yang dialami, sedangkan pria lebih suka mengalihkannya dengan alkohol.

Dari penelitian tersebut disimpulkan bahwa dunia kesehatan harus mulai fokus pada hal-hal kecil pada anak-anak, serta memberlakukan teknik pengobatan yang berbeda pada anak laki-laki dan perempuan. Dan bagi wanita dewasa yang mengalami masalah di atas, tidak ada salahnya berhenti memikirkan atau mencari tahu mengapa berat badan Anda sangat mudah meningkat. Mengubah pola pikir Anda adalah langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum memulai diet.

Atau jika Anda tidak mengalami masalah ini Ladies, setidaknya Anda bisa tahu (dan belajar), betapa besar risiko dari stres yang dialami anak-anak, tentu ini hanya salah satu contoh.

(vem/reg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading