Sukses

Parenting

Ajak Balita Berolahraga!

Kebiasaan hidup sehati harus ditanamkan kepada buah hati sejak kecil, salah satunya adalah olahraga. Meskipun di hari-harinya buah hati anda yang berusia balita banyak beraktivitas, namun mulailah untuk membiasakan mereka berolahraga dengan benar.

Agar si kecil bersemangat dalam melakukan aktivitas olahraga, berikut ini adalah beberapa tipsnya yang dikutip dari situs webmd.com.

Pertama, lakukan aktivitas olahraga bersama. Ajak seluruh anggota keluarga untuk melakukan olahraga bersama di Minggu pagi. Si kecil pasti akan bersemangat untuk berolahraga ketika dia melihat ibu, ayah, dan kakak-kakaknya memakai baju dan sepatu olahraga dan pergi bersama ke lapangan olahraga.

Kedua, pastikan bahwa anak melakukan aktivitas olahraga selama satu jam setiap harinya. Dalam sehari, si kecil harus bergerak aktif selama total satu jam. Aktivitas olahraga yang baik untuk anak-anak adalah aerobik dan olahraga untuk penguatan otot dan tulang. Kegiatan olahraga selama satu jam ini tidak harus dilakukan all at once. Bagilah dalam beberapa kali, misalnya 20 menit di pagi, siang, dan sore hari.

Next, motivasi buah hati ladies bergerak dengan memakai step counter. Ketika mereka melihat bahwa angka di step counter terus bertambah setiap kali mereka melangkah, maka si kecil akan semakin bersemangat dalam bergerak. Jika perlu, buatlah games dengan step counter tersebut.

Agar si kecil semakin bersemangat dalam melakukan olah tubuh, lakukan kegiatan olahraga di luar rumah. Pergilah ke lapangan atau taman bermain terdekat bersama buah hati anda di pagi hari. Suasana baru dan udara yang sejuk di pagi hari adalah kombinasi yang tepat untuk menemani waktu olahraga buah hati anda.

Ada baiknya juga jika ladies mulai mendaftarkan buah hati anda di klub olahraga terdekat. Namun pastikan bahwa buah hati anda tertarik kepada olahraga tersebut sebelum mendaftarkan mereka. So, sekali waktu ajak si kecil “observasi” klub olahraga dan tanyakan kepada mereka apakah mereka tertarik untuk join dalam klub tersebut.

Dan ketika si kecil terlihat tidak bersemangat dalam mengikuti kegiatan olahraga, cobalah untuk lebih bersabar. Ladies tidak bisa memaksa mereka untuk mau dan suka berolahraga. Sebaliknya, cobalah untuk lebih meng-encourage buah hati anda dengan menjelaskan manfaat-manfaat dari olahraga.

Terakhir, olahraga tidak harus selalu badminton, sepak bola, dan beberapa cabang olahraga lainnya. Berjalan dari parkiran ke dalam mall, berkeliling mall untuk berbelanja juga merupakan jenis olahraga yang “tersembunyi” yang bisa dilakukan si kecil bersama anda.

Oleh : Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading