Sukses

Beauty

3 Hal Yang Perlu Dilakukan Sebelum Mulai Olahraga

Olahraga itu penting bukan hanya untuk menjaga tubuh Anda tetap bugar, namun juga menguatkan tubuh dan mental dari serangan penyakit dan gangguan kesehatan lain. Namun sebelum Anda memulai olahraga, ada baiknya Anda melakukan beberapa persiapan.

Seperti dikutip dari boldsky.com, ada beberapa kegiatan yang perlu Anda lakukan sebelum mulai berlatih atau berolahraga apalagi dengan panasnya udara Indonesia ini, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

    Minum air putih

    Menjaga tubuh tetap terhidrasi atau tetap lembab adalah kewajiban Anda, apalagi dengan cuaca yang panas. Anda perlu minum air paling tidak satu gelas terlebih dahulu sebelum olahraga. Saat olahraga, Anda akan mengeluarkan banyak keringat dan cairan tubuh, jadi selalu siapkan banyak air minum agar tidak dehidrasi dan lelah berlebihan. Anda juga bisa membawa minuman elektrolit untuk mengganti cairan tubuh yang hilang.

    Gunakan baju yang longgar dan terang

    Penting sekali menggunakan baju yang tidak ketat, apalagi saat Anda berlatih di luar rumah. Hal ini bertujuan memudahkan kulit mengeluarkan keringat dan "bernafas", mendapatkan udara segar untuk tubuh. Gunakan baju yang terang jika olahraga di luar rumah untuk menghindari sengatan UV yang berbahaya.

    Perhatikan waktu makan

    Sebaiknya Anda tidak makan makanan berat sebelum olahraga karena bisa menyebabkan kram perut dan tubuh bagian belakang. Jika ingin makan, sebaiknya 2 jam sebelum melakukan olahraga. Saat itu, perut sudah tidak terisi penuh lagi dan tidak memproses makanan secara aktif dan lebih siap untuk olahraga.

Nah, itu dia tiga hal penting yang perlu Anda perhatikan sebelum mulai olahraga. Ketahui pula batas kemampuan Anda saat olahraga, jangan terlalu memaksakan diri ya.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading