Sukses

Beauty

5 Alasan Melakukan Olahraga Squat Secara Rutin

Salah satu cara menjaga kesehatan tubuh adalah dengan olahraga. Jika Anda tidak punya banyak waktu ke gym atau ke tempat fitnes, ada banyak cara olahraga yang tetap bisa membuat Anda tetap bugar di rumah. Salah satu olahraga yang bisa dilakukan di rumah adalah squat. Mengapa Anda perlu melakukan olahraga ini?

Dikutip dari healthmeup.com, ada banyak alasan mengapa Anda perlu melakukan squat secara rutin, beberapa di antaranya adalah

    Membakar kalori

    Jika ingin membakar kalori tanpa banyak bergerak atau berpindah tempat, maka squad bisa menjadi solusi Anda, terutama untuk membakar kalori tubuh bagian bawah seperti paha, betis dan pinggul. Melakukan squad selama 15 menit bisa membakar kalori lebih 200 kalori per hari.

    Membangun massa otot tubuh

    Squat jelas akan membantu membangun otot tubuh, terutama di bagian kaki. Squat merupakan olahraga kaki terutama meliputi bagian paha depan, paha belakang dan betis. Anda akan membangun otot lebih baik di bagian tersebut, membakar lemak berlebih dan mengubahnya menjadi otot yang kencang.

    Meningkatkan metabolisme

    Squat bisa menciptakan lingkungan anabolik untuk membangun otot, memicu pelepasan hormon testosteron dan hormon pertumbuhan untuk meningkatkan massa otot, sekaligus membantu metabolisme glukosa dan lemak serta sensitivitas insulin, sehingga melindungi tubuh terhadap kondisi kesehatan seperti diabetes, obesitas dan masalah kardiovaskuler.

    Meningkatkan keseimbangan dan kekuatan

    Karena squat melatih otot tubuh bagian bawah, ini akan sekaligus melatih keseimbangan dan kekuatan tubuh Anda. Saat Anda menahan posisi setengah jongkok, otot akan dituntut menopang berat tubuh dan menyeimbangkan posisi. Olahraga ini akan membuat kaki lebih kuat dan penting untuk keseimbangan saat bertambah usia.

    Mencegah cidera

    Squat mampu meningkatkan kekuatan otot tubuh bagian bawah, ligamen dan jaringan, juga meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan. Sebagian besar cedera bisa terjadi di bagian kaki, dan latihan squat akan mengurangi risiko cedera kaki karena sudah dilatih fleksibilitasnya.

Jadi, mau olahraga ringan tapi bisa bentuk kaki lebih indah kencang tanpa lemak sekaligus membentuk otot kuat di tubuh? Lakukan squat secara rutin ya.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading