Sukses

Beauty

Penting Dibaca, Ini 11 Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Diet Penurunan Berat Badan

Ada banyak hal yang dikhawatirkan atau dipertanyakan wanita mengenai diet, khususnya untuk program penurunan berat badan. Apakah diet yang dijalankan sudah benar, bagaimana menahan diri ketika ingin ngemil dan sebagainya.

Nah, berikut ini ada 11 pertanyaan live tweet bertema Diet dan Penurunan Berat Badan yang dijawab oleh MeetDoctor bersama dr. Jenni, M. Gizi, SpGK mengenai diet penurunan berat badan. Yuk baca terus, siapa tahu Anda menanyakan hal yang sama.

(vem/feb)

Bahaya OCD dan Cara Jaga Tubuh Kencang

1. Diet OCD sebenarnya bahaya nggak dok?
Diet OCD tidak dianjurkan, terutama untuk orang dengan gangguan lambung, diabetes, ginjal dan lain-lain. Diet OCD akan mengacaukan metabolisme tubuh kita.

2. Bagaimana caranya supaya badan tetap kencang setelah diet?
Penurunan berat badan biasanya akan mengurangi lemak tubuh dan otot tubuh. Dalam diet penurunan berat badan, selalu usahakan jangan kehilangan otot yang terlalu banyak. Karena itu kombinasi diet dan olahraga sangat dibutuhkan, karena dengan olahraga, otot dapat dipertahankan, metabolisme lebih baik, tubuh tetep "kencang" dan berat badan lebih stabil.

Ingin langsing Tapi Suka Ngemil

3. Saya ingin langsing tapi sukanya ngemil, gimana ya dok biar berat nggak makin naik?
Kadang kala dalam menjalani diet penurunan berat badan, orang tidak berani makan makanan utama seperti nasi lauk dan lain-lain, tapi lebih memilih ngemil makanan yang berkalori tinggi dan lemak tinggi.

Sebenarnya ngemil dalam sehari diperlukan. Namun kita harus pintar memilih cemilan apa yang baik. Idealnya kita makan 3 kali dalam sehari, dan 2 kali snack time. Pilihkan cemilan yang rendah kalori dan lemak, tinggi serat. Misalnya buah, salad dengan dressing olive oil, puding agar yang rendah gula. Kandungan serat dalam snack tersebut akan membuat kita tahan lapar lebih lama. Dan jangan lupa minumlah air yang cukup dalam sehari.

Berat Badan naik Saat Menstruasi

4. Menjelang menstruasi saya suka makan banyak dan berat naik normal tidak?
Pada saat mau mens, nafsu makan cenderung meningkat. Hal ini wajar karena perubahan hormonal di dalam tubuh. Di samping itu pada saat menstruasi, tubuh cenderung akan menahan air lebih banyak sehingga berat badan menjadi naik.

Namun keadaan ini hanya bersifat sementara dan akan balik ke normal kembali. Karena itu pada saat nafsu makan meningkat, pilihlah jenis makanan dan cemilan yang lebih sehat. Dengan demikian berat badan tidak akan naik banyak.

Suntik Langsing dan Efek Sampingnya

5. Suntik langsing apa efek sampingnya?
Saat ini banyak sekali penyuntikan untuk melangsingkan tubuh. Sebenarnya terapi tersebut hanya membantu. Bagaimanapun dan apapun yang kita lakukan untuk melangsingkan tubuh kita, tetap harus balik ke diet dan olahraga.

Kadang orang yang menginginkan hasil instan, misalnya dengan suntik atau operasi dan lain-lain, akan kembali naik berat badannya bila tidak menjaga diet dan melakukan olahraga teratur. Banyak sekali jenis-jenis obat suntik, semuanya ini tentu saja mempunyai efek samping. Karena itu berhati-hatilah bila ingin melakukan terapi instan menurunkan berat badan.

Cara Langsing Alami

6. Bagaimana cara langsing alami tanpa obat/suntik?
Cara langsing alami adalah dengan melakukan diet seimbang (seimbang dalam jumlah, jenis dan jadwal makan), serta melakukan olahraga teratur.

7. Bagaimana cara menghitung berat badan ideal wanita?
Menghitung berat badan yang paling gampang pada wanita adalah, bila usia dibawah 40thn, maka tinggi badan di kurangi 100 lalu dikurangi 10%. Bila di atas 40 tahun, tinggi badan kurangi 100.

8. Benar tidak makan kukus/rebus saja bisa membuat berat cepat turun?
Makanan yang dikukus dan direbus tentu saja akan mengurangi penggunaan minyak dan asupan lemak dalam makanan. Seperti kita ketahui, kalori dalam 1 gram lemak adalah 9, sedangkan karbohidrat dan protein hanya 4. Dengan demikian, proses pengolahan makanan dengan merebus dan mengukus akan mengurangi jumlah asupan kalori total dalam makanan sehari-hari.

Minum Air lemon

9. Minum air lemon setiap pagi katanya bisa bikin kurus, bahaya tidak dok?
Air perasaan lemon bikin kurus? Infusion water, istilah yang sering dipakai sampai saat ini tidak terbukti mampu menurunkan berat badan. Air putih yang diberi perasaan lemon hanya memberi rasa, terutama bagi orang yang tidak suka air putih.

Beberapa orang yang sensitif akan mengalami gangguan pencernaan bila minum air lemon dalam keadaan perut kosong. Namun bila kita mengonsumsi makanan yang mengandung gula tinggi, minuman seperti air perasaan lemon ini dapat diminum karena asam dapat menurunkan indeks glikemik dari makanan yang kita konsumsi.

Diet Tapi Malah Sembelit

10. Saya pernah diet tapi justru sembelit, bagaimana mengatasinya?

Tidak jelas bagaimana diet yang anda lakukan. Namun bila diet yang dilakukan terlalu ketat, asupan yang masuk terlalu sedikit, tentu saja tidak ada yang akan dibuang. konsumsi air dan serat selama diet juga harus diperhatikan. Bila kita makan banyak serat dalam diet sehari-hari tanpa dibarengi dengan air yang cukup, justru akan menyebabkan sembelit.

Diet Golongan Darah

11. Ada hubungannya gak sih dok golongan darah dengan tipe diet yang harus dipilih?
sampai saat ini belum ada pembuktian ilmiah yang menunjukkan hubungan golongan darah dengan jenis diet. Hubungan diet dengan genetik banyak diteliti saat ini, yang dikenal dengan nutrigenomik.

Diet nutrigenomik adalah suatu konsep yang mempelajari interaksi nutrisi-gen dan pengaruh interaksi tersebut terhadap kesehatan, termasuk di dalamnya bagaimana diet mempengaruhi ekspresi gen, pengaruh gen pada bagaimana tubuh merespon nutrisi serta dampak nutrisi pada proses tingkat molekuler di tubuh.
 
Oleh karena itu kebutuhan zat-zat gizi orang berbeda karena ekspresi gen masing-masing orang juga bervariasi. Diet nutrigenomik ini dapat diterapkan pada kasus obesitas.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading