Sukses

Parenting

Umur 60 Tahun Ke Atas, Yuk Rajin Olahraga!

Jika Anda punya orangtua atau kakek nenek yang sudah berumur 60 tahun ke atas, Anda pasti tahu bahwa kesehatan mereka sangat perlu dijaga agar tidak mudah sakit atau mengalami masalah kesehatan. Namun apa yang sebaiknya dilakukan saat usia menginjak kepala enam seperti itu?

Seperti dikutip dari everydayhealth.com, berolahraga atau melakukan aktivitas fisik akan menurunkan kemungkinan kehilangan ingatan dan menjaga kekuatan dan kebugaran tubuh. Dalam sebuah penelitian di Amerika menyatakan bahwa mereka yang berusia tua dan tidak melakukan banyak aktivitas fisik justru akan lebih cepat mengalami penuaan seperti susah menggerakkan tubuh dan sulit mengingat sesuatu.

Para peneliti telah memindai otak orang dewasa dengan usia 60 tahun ke atas dan menemukan bahwa mereka yang tetap beraktivitas atau olahraga teratur lebih baik dalam mengingat sesuatu dan lebih kecil mengalami nyeri sendi dan lebih cekatan melakukan sesuatu.

Aktivitas fisik dapat membangun senyawa biologis di dalam otak yang membantu menjaga fungsi otak dari kerusakan karena penuaan. Mereka yang banyak melakukan aktivitas fisik lebih kecil memiliki masalah motorik dan masalah pembuluh darah. Berbanding terbalik dengan mereka yang tidak melakukan olahraga. Kebanyakan yang tidak olahraga justru cenderung memiliki penyakit pembuluh darah seperti tekanan darah tinggi dan kolesterol atau mengalami masalah fisik lainnya.

Jadi, penting sekali jika Anda ingin tetap sehat, bugar dan bebas penyakit sekaligus menjaga kebugaran otak, tinggal membiasakan olahraga secara teratur. Yuk ajak kakek nenek Anda untuk tetap bugar juga.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading