Sukses

Beauty

Wah, Ternyata Makan Malam Bikin Bodoh

Apa alasan utama menghindari makan malam? Biasanya karena sedang diet, tidak mau berat naik atau tidak ingin perut buncit. Sebuah penelitian baru mengungkapkan bahwa makan larut malam atau ngemil di malam hari bisa menghambat memori.

Peneliti dari The University of California, Los Angeles menemukan alasan lain mengapa Anda harus menjaga pola makan di malam hari dan menghindari camilan tidak sehat menjelang tidur. Dilansir oleh newshealthmax.com, penelitian ini menunjukkan bahwa makan larut malam bisa mengganggu jam internal tubuh. Di saat tubuh Anda sudah dalam kondisi siap tidur, justru tubuh harus bekerja lebih keras karena harus mengolah makanan yang Anda nikmati.

Hal inilah yang dipercaya para ilmuwan dapat mengacaukan fungsi memori dan kognitif seseorang. Setiap manusia sudah memiliki rancangan jam tubuh, saat Anda harus tidur, maka tidurlah. Yang disayangkan, kehidupan modern mengacaukan pola yang sudah ada dalam tubuh manusia. Jadwal kerja yang tidak tentu, browsing sampai lupa waktu dan menganggap tidur tidak penting justru akan menggerogoti kesehatan secara perlahan.

"Sistem biologis kita sudah memiliki pola, mereka bekerja berdasarkan ritme dan pola tertentu," ujar Christopher Colwell, salah satu peneliti.

Selain mengacaukan fungsi memori dan kognitif, sering makan terlalu malam dan ngemil menjelang tidur akan membuat tubuh bermasalah dengan sistem kekebalan tubuh. Risiko diabetes tipe 2 juga bisa meningkat jika kebiasaan ini terus dilakukan.

Nah, ladies! Perhatikan jam makan malam Anda. Makanlah setidaknya 2-3 sebelum tidur, agar tubuh Anda tidak bekerja terlalu berat di saat dia butuh beristirahat.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading