Sukses

Beauty

Kelebihan Karbohidrat, Kesalahan Diet Yang Masih Sering Terulang

Saat diet, memang penting sekali menentukan menu apa saja yang akan Anda hari ini, termasuk memperkirakan berapa banyak kalori yang masuk ke dalam perut. Namun sayangnya tidak semua tahu seberapa banyak kalori yang dikandung  dalam sebuah makanan dan memang tidak perlu juga mengingat seleruh perkiraan kalori dalam makanan, Anda punya kegiatan lain yang lebih penting.

Salah satu kesalahan diet yang sering melanda banyak orang, dikutip dari health.com adalah kelebihan porsi karbohidrat dalam satu kali makan. Banyak yang sudah mengetahui bahan makanan apa saja yang sehat dan yang tidak, namun masih belum memperkirakan seberapa besar porsi yang sebaiknya dimakan.  

Bukan berarti makanan sehat bisa dikonsumsi sesuak hati, apalagi yang manis karena mengandung banyak karbohidrat seperti jagung, kentang, labu, ubi dan ketela pohon. Kalori dalam makanan tetap  bisa menumpuk jika dikonsumsi berlebihan meskipun itu berasal dari makanan sehat.

Nah, untuk mengatasinya, sebaiknya buat diagram untuk menentukan banyaknya setiap nutrisi yang Anda makan dengan kunci perbanyak protein dan kurangi karbohidrat. Misalnya, antara 100% porsi makanan, 50% berupa protein, 20% karbohidrat dan 30% nutrisi lainnya seperti vitamin dan mineral.

Contohnya saja untuk makan siang, siapkan 2 butir telur rebus dan satu mangkuk salad buah. Telur akan memnuhi kebutuhan protein Anda, dan buah yang memiliki gula alami bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat dengan membawa banyak vitamin dan mineral. Begitu seterusnya, memastikan karbohidrat tidak menempati peringkat pertama dalam porsi makan Anda.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading