Sukses

Beauty

Ketahui Perbedaan Gula Dan Karbohidrat Dalam Label Nutrisi Makanan

Jika Anda berbelanja ke supermarket, pasti Anda akan melihat ada informasi gizi atau label nutrisi di belakang kemasan makanan. Hal ini sebenarnya cukup membantu Anda menentukan apakah sebuah makanan baik atau tidak untuk dibeli dna dikonsumsi.

Meski mungkin seringkali membingungkan bagaimana menentukan makanan yang baik dan yang tidak, terutama menentukan perbedaan antara gula dan karbohidrat dalam makanan tersebut karena keduanya bisa dikatakan sama saja.

Seperti dikutip dari www.livestrong.com, untuk bisa membedakannya, karbohidrat merupakan salah satu makronutrien yang memiliki peran sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia selain protein dan lemak. Bahkan mungkin bisa dibilang sulit lepas dari kebutuhan karbohidrat karena itu adalah kebutuhan utama pembentuk energi.

Karbohidrat bisa ditemui dalam berbagai makanan olahan tepung seperti roti, pasta, mie, sereal, oatmeal, crackers, dan berbagai macam sayur mengandung pati atau tepung seperti kentang, ketela pohon, ubi dan lain sebagainya. Bahkan susu dan buah-buahan juga memiliki karbohidrat. Biasanya, jumlah karbohidrat sudah termasuk jumlah gula atau pati dan serat.

Sedangkan untuk gula, termasuk dalam karbohidrat sederhana. Namun ada kalanya gula yang berada dalam makanan bisa gula alami atau gula tambahan. Jika ada label informasi gula di sana, mungkin itu ditujukan untuk porsi gula tambahan.

Jadi, Anda sekarang sudah tahu bukan bagaimana membedakan gula dan karbohidrat dalam label nutrisi makanan?

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading