Sukses

Beauty

Program Pelatihan Olahraga Lari 5K

Ladies, jika Anda sudah terbiasa berenang, bersepeda, atau mungkin melakukan kegiatan senam aerobik secara teratur, mungkin melakukan olahraga seperti berlari hingga 5 kilometer bisa Anda lakukan dengan satu atau dua kali berlatih.

Namun jika Anda pemula dalam hal olahraga dan belum terbiasa dengan kegiatan lari, maka tips dan mengikuti program pelatihan berlari sepanjang 5 kilometer ini bisa jadi salah satu cara agar Anda semakin bugar. Seperti dikutip dari www.stylecraze.com, yang Anda butuhkan adalah sebuah program pelatihan 6-8 minggu untuk membuat tubuh Anda fit dengan persyaratan Anda tidak memiliki masalah kesehatan lain yang mungkin berbenturan dengan program pelatihan ini.

Pelatihan berlari ini meliputi 4 hal, yaitu berjalan, berlari, jogging, dan istirahat. Keempat hal ini merupakan hal yang sangat penting diperhatikan untuk menerapkan program latihan ini.

Berjalan. meski mungkin tidak terlihat seperti olahraga, namun melakukan kegiatan berjalan akan membuat jantung Anda berdetak lebih cepat dan merupakan olahraga melatih jantung yang baik. Tidak masalah berapa cepat Anda berjalan, yang penting adalah seberapa jauh Anda bisa melangkah.

Berlari. jelas olahraga ini yang memberikan kesempatan melatih jantung paling cepat dan membakar kalori paling hebat. Dengan membiasakan olahraga lari, Anda akan membangun stamina yang lebih baik. Sama halnya dengan berjalan, tidak masalah seberapa cepat Anda berlari, asal Anda nyaman dengan kecepatan yang Anda lakukan dan seberapa jauh Anda bisa berlari, karena ketahanan tubuh setiap orang berbeda.

Berlari dan berjalan. Dalam hal ini, Anda tentu tahu aturannya untuk mengombinasikan berlari dengan berjalan. Anda bisa berjalan dahulu untuk memulai latihan, lalu 5 menit kemudian berlari hingga Anda lelah dan mulai berjalan lagi.

Istirahat. Hal ini tentu tidak boleh ketinggalan dalam sebuah latihan. Ketika Anda beristirahat, maka saat itulah tubuh mulai lebih banyak membakar kalori dan mengatur kembali tubuh ke kondisi normal dan mengeluarkan keringat. Saat itulah tubuh membangun kekuatan otot.

Lakukan latihan ini setiap hari dan tambahkan waktu setiap minggunya. Jika Anda mulai minggu pertama dengan berlatih selama 10 menit, maka minggu kedua jadi 15 menit, minggu ketiga menjadi 20 menit dan seterusnya. Hingga minggu ke-enam, Anda sudah mulai bisa berlari lebih jauh.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading