Sukses

Beauty

4 Tips Bernafas Sederhana Untuk Perenang Pemula

Seringkali orang malas berenang dengan alasan tidak bisa berenang. Namun jika Anda ingin menjaga kesehatan dengan cara olahraga air dan mau belajar, yaitu berenang, maka ada beberapa tips untuk bisa bernafas di dalam air. Hal ini sangat penting dilakukan apalagi jika Anda adalah perenang pemula.

Seperti dikutip dari www.stylecraze.com, yang juga memberikan tips pernapasan di dalam air sehingga Anda bisa menguasainya dengan baik, antara lain adalah

    Tenangkan diri

    Rileks adalah salah satu kunci yang paling utama jika Anda ingin bisa berenang dengan tenang. Menganggap air menjadi bagian diri Anda dengan cara bermain-main air dan sesekali guyur tubuh dengan air atau menenggelamkan diri dengan menahan nafas. Tidak panik saat air mulai meninggi dan tetap santai justru tidak akan membuat Anda cepat lelah saat berenang.

    Menghembuskan nafas

    Saat menghembuskan nafas, sebaiknya mengeluarkan nafas dari mulut dengan membuka sedikit rongga mulut agar nafas bisa keluar sedikit demi sedikit sambil Anda menggerakkan tangan mendayung tubuh ke depan.

    Sebaiknya juga menghembuskan nafas bisa lebih panjang daripada Anda menarik nafas saat di permukaan air. Jangan buru-buru menghembuskan nafas, lakukan dengan pelan dan santai.

    Tarik nafas dengan perlahan

    Pastikan menarik nafas dengan tenang, santai, alami namun cepat karena Anda tidak punya banyak waktu di permukaan. Lakukan saja seperti biasa Anda bernafas di darat namun lebih dalam. Coba menarik nafas dari mulut daripada dari hidung karena nafas bisa lebih panjang.

    Ketahui waktu yang tepat

    Mengetahui kapan sebaiknya Anda mengambil nafas dan belajar mengeluarkan nafas sedikit-demi sedikit untuk bisa berada di dalam air akan sangat perlu latihan berkali-kali. Belum lagi Anda harus menghadapi kepanikan Anda. Belajarlah menyamakan waktu Anda saat berada di dalam air sebagai menghembuskan nafas dan berada di permukaan dengan mengambil nafas.

Itu tadi beberapa tips berenang yang bisa diterapkan. jangan langsung belajar pada kedalaman lebih dari 1.5 m jika Anda tidak mampu. Belajar menjejak kaki pada kolam juga membantu membuat Anda lebih rileks dan mengatur kepanikan Anda. Selamat berlatih, Ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading