Sukses

Beauty

4 Macam Olahraga Kardio Untuk Jaga Jantung Sehat

Anda mungkin malas melakukan olahraga setiap hari, karena sudah banyak aktivitas harian yang menyita waktu dan tenaga. Hal ini memang cukup wajar dan Anda memang butuh istirahat setelah melakukan kegiatan padat setiap hari. Namun jika akhir pekan ini tidak ada yang bisa Anda lakukan, Anda bisa melatih kebugaran agar tetap bisa menjaga kesehatan, terutama jantung.

Seperti dikutip dari healthmeup.com, ada beberapa olahraga kardio yang bisa Anda lakukan untuk melatih kebugaran jantung, antara lain adalah

(vem/feb)

Berenang

Olahraga air ini selain sangat segar juga merupakan olahraga yang sangat tepat untuk melatih kebugaran jantung. Berenang dapat membantu melepas stress dan mendinginkan suhu tubuh karena emosi, dan melatih fleksibilitas karena Anda bisa bergerak bebas di air.

Berenang juga sangat baik melatih pernapasan karena Anda bisa menahan nafas saat berada di air. Di dalam air, Anda juga diajarkan untuk tidak panik, terutama jika Anda takut dengan kedalaman, dan belajar mengatur ketenangan diri. Rutin berenang juga mampu melancarkan peredaran darah, memperdalam kapasitas paru-paru dan membantu membakar kalori.

Bersepeda

Olahraga yang satu ini juga sangat segar karena Anda akan menghempas angin dan menjelajahi berbagai tempat dengan kendaraan Anda ini. Bersepeda adalah kegiatan melatih jantung yang menyenangkan, apalagi jika Anda melakukannya bersama teman atau pasangan Anda.

Bersepeda sangat baik untuk melatih detak jantung dan melatih otot tubuh bagian bawah, terutama otot paha, dan betis. Bersepeda juga sangat baik membakar kalori dan memperlancar peredaran darah.

Aerobik

Untuk olahraga aerobik, mungkin ada yang tidak terlalu meminati olahraga ini karena gerakannya yang cepat. Namun aerobik dapat membantu memperkuat otot jantung dan membakar lemak tubuh lebih baik dan banyak.

Anda juga bisa melatih hampir seluruh otot tubuh dan menggerakkan otot-otot yang jarang dipakai. Ingat pula untuk mendapatkan oksigen yang cukup ketika berlatih karena Anda akan melakukan gerakan yang cepat dan mengharuskan Anda bergerak lebih keras.   

Berlari

Kegiatan yang sederhana untuk melatih jantung Anda adalah berlari. Jika Anda tidak terbiasa berlari, Anda bisa jogging saja. Berlari akan secara otomatis membuat detak jantung Anda cepat menyesuaikan dengan seberapa cepat gerakan Ada. Berlari akan membuat Anda lebih bugar dan melatih kekuatan tubuh, terutama kaki.

Kegiatan berlari ini juga sangat baik melancarkan peredaran darah dan membakar kalori serta menurunkan kolesterol. Jika tidak terbiasa berlari, Anda bisa membiasakannya dengan 10 menit dahulu, kemudian untuk latihan berikutnya ditambah 5 menit, begitu seterusnya.

Jadi, biasakan olahraga kardio ini ya untuk menjaga kesehatan jantung.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading