Sukses

Beauty

Awas, 4 Gejala Diabetes Tipe 2 Pada tubuh

Banyak sekali orang yang khawatir akan terserang penyakit, salah satunya adalah diabetes tipe 2 di mana Anda tidak boleh makan makanan manis terlalu banyak, atau mungkin bahkan tidak boleh sama sekali konsumsi makanan bergula.

Hal ini juga harus diperhatikan terutama untuk Anda yang memiliki kemungkinan besar mengalaminya karena keturunan keluarga. Nah, seperti dikutip dari www.health.com, beberapa gejala umum yang bisa Anda sadari ketika ada yang 'aneh' dan merupakan tanda diabetes adalah

    Sering haus dan sering buang air kecil

    Ini adalah tanda awal Anda terkena diabetes tipe 2. Anda akan mengalami keinginan untuk minum banyak sekaligus juga inginĀ  buang air kecil lebih sering. hal ini masih normal jika Anda tidak terbangun di malam hari dan ingin buang air kecil berkali-kali. Jika sudah terjadi serangan bangun tengah malam dan ingin minum serta buang air kecil berkali-kali, mak itu mungkin sekali diabetes tipe 2.

    Hal ini terjadi karena ginjal menjadi lebih aktif mengeluarkan kelebihan gula dalam darah sehingga menimbulkan reaksi ingin minum banyak dan ke kamar mandi lebih sering. Kadang hal ini bisa terjadi beberapa kali saat malam.

    Berat badan turun

    Berat badan Anda akan turun dalam waktu dekat ini? Banyak penyebabnya, termasuk merupakan salah satu gejala diabetes tipe 2. Apalagi jika Anda tidak sedang diet atau sengaja menurunkan berat badan.

    Hal ini disebabkan oleh insulin yang tidak merespon gula dalam darah dan malah membongkar protein sebagai pengganti energi. Anda mungkin justru merasa sebaliknya, ingin lebih banyak makan. Dan ketika hal ini terjadi, berat badan turun dan Anda memiliki nafsu makan tinggi, maka konsultasilah ke dokter.

    Penyakit kulit

    Jika Anda mengalami kulit gatal karena kulit kering, maka mungkin saja diabetes. karena terkadang orang dengan gejala diabetes menimbulkan masalah kulit kering yang amat sangat. Anda mungkin juga kan mengalami acanthosis nigricans, yaitu penggelapan kulit di sekitar leher atau ketiak. Orang-orang yang mengalami hal ini berarti mengalami proses resistensi insulin meskipun gula darah mereka mungkin tidak tinggi.

    Tidak cepat sembuh

    Salah satu yang juga paling mencolok gejala diabetes tipe 2 adalah adanya luka, infeksi atau memar yang tidak kunjung sembuh dengan cepat. Jika Anda termasuk orang yang cepat sembuh, namun akhir-akhir ini sepertinya sulit sekali sembuh, maka Anda juga harus berhati-hati, karena itu bisa jadi gejala diabetes.

    Hal ini biasanya terjadi karena pembuluh darah mengalami kerusakan oleh jumlah berlebihan glukosa di dalam pembuluh darah dan arteri. Hal ini menyebabkan darah sulit menyembuhkan dan lambat dalam bekerja karena aliran darah yang terlalu banyak gula.

Jadi, jika Anda sudah merasa mengalami gejala di atas, maka periksa ke dokter ya.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading