Sukses

Beauty

Alasan Anda Harus Tetap Mengonsumsi Karbohidrat, Meskipun Sedang Diet

Bagi yang sedang menjalankan diet untuk menurunkan berat badan, sumber-sumber karbohidrat seringkali menjadi musuh yang dihindari. Kelebihan karbohidrat di dalam tubuh memang disimpan menjadi cadangan lemak. Tetapi, bukan berarti karbohidrat harus dihindari, karena sebenarnya karbohidrat juga memiliki banyak fungsi penting, seperti yang dilansir Womenshealthmag.com berikut ini.

    Membantu kinerja otak

    Otak memerlukan glukosa dari gula atau karbohidrat untuk berfungsi dengan baik. Energi untuk otak hanya didapat dari glukosa yang merupakan hasil pemecahan karbohidrat. Jika Anda tidak mengonsumsi sumber karbohidrat, otak Anda akan kekurangan energi untuk berpikir, belajar, dan mengingat sesuatu.

    Membuang 'sampah'

    Rata-rata sumber karbohidrat mengandung banyak serat seperti dalam gandum utuh, kentang, maupun nasi. Serat akan membantu buang air besar menjadi lebih lancar dan efisien.

    Bahagia

    Gula merupakan karbohidrat sederhana yang mengandung tryptophan. Sebenarnya tidak hanya pada gula, karbohidrat lainnya juga mengandung trypthophan yang membantu produksi hormon serotonin yang membuat perasaan nyaman dan bahagia di otak.

    Energi

    Karbohidrat merupakan sumber energi utama karena mengandung glukosa. Lemak dan protein memerlukan proses pencernaan lebih rumit untuk menjadi energi, berbeda dengan karbohidrat yang energinya dapat dengan mudah digunakan oleh tubuh.

    Kenyang

    Karbohidrat dapat memuaskan rasa lapar Anda. Pada banyak orang Indonesia, bahkan tidak akan merasa kenyang jika tidak mengonsumsi nasi yang merupakan sumber karbohidrat. Selain itu, sumber karbohidrat juga memiliki rasa yang enak.

Meskipun Anda sedang ingin menurunkan berat badan Anda, jangan lupa untuk tetap mengonsumsi semua zat gizi termasuk karbohidrat dan lemak, karena zat gizi memiliki fungsi berbeda di dalam tubuh. Hindari diet yang meminta Anda untuk menghilangkan satu atau beberapa jenis zat gizi dalam makanan Anda, cukuplah jumlahnya yang dibatasi, bukan dihindari.

(vem/cha)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading