Sukses

Beauty

Bagaimana Cara Meningkatkan Kapasitas Paru-paru? Ini Dia Jawabannya

Nafas pendek-pendek tidak akan terasa merugikan jika Anda beraktivitas ringan atau biasa, namun cepat atau lambat Anda akan merasakan perbedaannya terutama jika harus melakukan pekerjaan atau aktivitas berat yang mengharuskan Anda untuk mengatur nafas.

Jika Anda memiliki nafas pendek-pendek, mengindikasikan bahwa kapasitas paru-paru Anda sedikit. Hal ini jelas akan merugikan, karena tubuh tidak mendapat asupan oksigen optimal sehingga menyebabkan Anda cepat lelah. Salah satu cara untuk mengetahui apakah nafas Anda panjang atau pendek adalah dengan cara menaiki anak tangga.

Jika Anda mudah lelah dan berhenti untuk mengatur nafas, maka tandanya Anda memiliki nafas pendek. Namun jika tidak, Anda akan bertahan cukup lama saat menaiki anak tangga dan hanya berhenti sesekali dalam jarak cukup jauh dari Anda mulai menaiki tangga.

Jika Anda sudah memiliki nafas panjang, hal ini akan menguntungkan karena selain lebih efisien menggunakan udara dan tubuh mendapat oksigen sesuai kebutuhan, juga akan berguna saat Anda melakukan banyak aktivitas fisik seperti berolahraga.

Nafas pendek akan diperparah dengan kebiasaan merokok yang menjadikan paru-paru bekerja lebih berat. Nah, salah satu cara yang baik agar Anda bisa meningkatkan kapasitas paru-paru dan mendapatkan nafas yang panjang menurut kutipan dari www.newhealthguide.org adalah dengan latihan fisik berupa berenang.
 
Berenang merupakan olahraga di dalam air yang mengharuskan Anda menahan nafas. Air akan bertindak sebagai perlawanan terhadap gerakan tubuh Anda sehingga tubuh perlu bekerja lebih keras untuk memasok oksigen ke darah Anda.

Lakukan renang rutin setiap 3 hingga 4 kali seminggu dan berikan waktu agar tubuh Anda terbiasa dengan menahan nafas dalam waktu lama. Secara perlahan tubuh akan beradaptasi dengan kondisi ini dan meningkatkan kapasitas paru-paru dan Anda akan lebih efisien dalam bernafas.

Jadi, ambil swimsuit Anda dan mulia berlatih untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat dan nafas yang lebih dalam, Ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading