Sukses

Beauty

Puasa Untuk Menurunkan Berat Badan Bagi Anda Yang Sedang Diet

Masih dalam suasana bulan Ramadan di mana semua orang islam diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Bagi kalangan tertentu, ada juga yang menjalankan puasa karena praktik kepercayaan tertentu dan dilakukan atas alasan kesehatan. Karena pada dasarnya, puasa adalah kondisi di mana Anda tidak makan atau minum sama sekali, atau tidak mengonsumsi beberapa jenis makanan.

Berikut ini merupakan yang dilakukan banyak orang seperti yang dijelaskan oleh MeetDoctor.com.

Puasa religius
Puasa religius merupakan kondisi di mana puasa dijalankan berdasarkan agama atau kepercayaan. Biasanya, puasa ini dijalankan oleh penganutnya dengan tidak makan dan minum pada waktu tertentu. Misalnya, dari terbitnya matahari sampai terbenamnya matahari. Selain itu, ada juga puasa yang mewajibkan penganutnya berhenti memakan makanan favoritnya untuk sementara waktu seperti tidak makan daging, susu, telur, dan beberapa makanan lainnya.

Puasa untuk keperluan medis
Ada juga puasa yang dilakukan di luar kepercayaan agama yakni puasa untuk keperluan medis. Jenis puasa ini dilakukan jika seseorang akan menjalankan sebuah operasi yang mengharuskan berpuasa beberapa saat sebelum operasi berlangsung. Puasa untuk kepentingan medis biasanya dilakukan sekitar 8 jam atau lebih.

Puasa untuk detoks tubuh
Jenis puasa ini banyak dilakukan oleh kaum wanita. Tujuannya untuk membersihkan racun-racun yang telah mengendap dalam tubuh. Namun, sampai saat ini belum ada penelitian yang membuktikan pengaruh puasa semacam ini.

Lantas, bagaimana dengan puasa untuk menurunkan berat badan? Bisa nggak sih?

Selain beberapa jenis puasa di atas, saat ini banyak orang yang melakukan puasa dengan tujuan ingin menurunkan berat badan atau diet. Namun, kenyataannya puasa ini dapat memperlambat metabolisme tubuh. Pasalnya, saat berpuasa tubuh tidak mendapatkan banyak bahan bakar yang berasal dari makanan atau minuman sehingga tubuh berusaha bertahan dengan cara memperlambat metabolisme tubuh.

Pada dasarnya, puasa yang dilakukan dengan tujuan menurunkan berat badan tidaklah bisa membakar kalori dengan cepat. Hal ini disebabkan yang berkurang bukanlah lemak tubuh, melainkan air dan otot. Nah, cara satu-satunya supaya puasa dapat menurunkan berat badan adalah dengan cara mengontrol makanan dan minuman saat berbuka dan sahur. Selain itu, Anda pun harus mengontrol makanan yang masuk pada saat berbuka atau jangan berlebihan. Lewat cara tersebut, lemak akan berkurang dengan cara mengurangi kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Nah Ladies, jangan sampai puasa yang Anda jalankan memperlambat metabolisme tubuh ya?

 

Sumber: MeetDoctor.com

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading