Sukses

Beauty

Olah Raga Bagi Penderita Penyakit Gula

Olah raga sangat penting bagi penderita penyakit gula. Olah raga ini bertujuan untuk mengontrol kadar gula dalam darah, menjaga berat badan, menjaga tekanan darah, dan mengontrol kadar kolesterol. Semua tujuan ini memiliki efek yang sangat baik untuk memonitor diabetes.

Dilansir oleh medicalnewstoday.com, banyak ahli yang berkata bahwa olah raga dilakukan setidaknya lima hari dalam seminggu. Dalam tiap harinya, olah raga dilakukan dalam waktu lebih dari 30 menit. Berikut beberapa jenis olah raga yang dapat dilakukan seorang penderita diabetes:

- jalan cepat

- berenang

- bersepeda

- menari

- mendayung

- berkebun

Dalam melakukan olah raga ini, seseorang akan merasa pernafasannya semakin cepat. Saat itu pula, detak jantungnya akan semakin cepat. Setidaknya olah raga ini dapat membakar sekitar 3,5 hingga 7 kalori per menitnya.

Bagi pemula dalam kegiatan olah raga sebaiknya lebih berhati-hati. Pada permulaan, sebaiknya olah raga yang dilakukan yang ringan-ringan saja. Kemudian, tiap minggunya olah raga ditingkatkan. Bisa juga dengan meningkatkan intensitas olah raga.
Jika dihitung, olah raga dalam 5 hari dengan tiap pertemuan 30 menit sangat lah baik. Namun, jangan berolah raga selama 150 menit dalam sehari ya.

Mengikuti fitnes juga boleh saja. Saat ini, telah berkembang tempat fitnes yang bisa menangani olah raga khusus bagi penderita penyakit tertentu. Hal ini tent saja dibarengi dengan konsultasi dengan dokter.

Oleh : Isti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading