Sukses

Beauty

Hubungan antara Gambar Tubuh atau Body Image, Gangguan Pola Makan, dan Kehamilan

Salah satu penyebab terjadinya gangguan pola makan pada wanita adalah gambar tubuh atau body image yang negatif. Apabila seorang wanita mengalami gangguan pola makan, hal ini berdampak pada kehamilan wanita tersebut lho Ladies.

Seperti dilangsir dari laman womenshealth.gov, apabila seseorang mengalami gangguan pola makan, orang tersebut akan susah untuk hamil. Semakin lama seseorang mengalami gangguan tersebut, semakin besar risiko orang tersebut mengalami kemandulan.

Gangguan pola makan yang umum adalah anoreksia dan bulimia. Dua penyakit tersebut sama-sama mempengaruhi proses reproduksi, proses kehamilan, dan kesehatan si bayi.

Selain itu, ada komplikasi-komplikasi lain yang terjadi apabila seorang wanita yang hamil memiliki gangguan pola makan, yaitu sebagai berikut:

- kelahiran prematur;

- berat badan bayi saat lahir rendah;

- kematian janin;

- pertumbuhan janin melambat;

- kemungkinan kelahiran secara sesar;

- penundaan pertumbuhan janin;

- masalah pernafasan;

- diabetes gestasional (penyakit diabetes yang menyerang saat wanita hamil);

- cairan ketuban rendah; dan

- pre-eclampsia (penyakit yang ditandai tekanan darah tinggi dan kandungan protein yang tidak wajar di dalam urin).

Aapabila Anda tidak ingin komplikasi-komplikasi seperti di atas, ubahlah body image Anda menjadi positif terutama saat Anda hamil. Anda harus berpikir bahwa perubahan bentuk tubuh Anda adalah demi kebaikan Anda dan buah hati Anda. Lagi pula, bentuk tubuh Anda juga akan kembali kok Ladies beberapa saat setelah Anda melahirkan.

Jadi, stay positive ya Ladies!


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading