Sukses

Beauty

Olahraga Berlebihan, Dampak Buruk Gambar Tubuh atau Body Image Negatif

Olahraga merupakan aktivitas yang sangat bagus untuk dilakukan secara rutin Ladies. Namun, jika dilakukan secara berlebihan, olahraga justru tidak baik untuk kesehatan Anda. Olahraga berlebihan merupakan salah satu dampak gambar tubuh atau body image yang negatif.

Seperti dilangsir dari laman womenshealth.gov, olahraga yang berlebihan adalah olahraga berat yang dilakukan dalam waktu lama, hingga mencapai suatu titik di mana olahraga tersebut menjadi tidak aman dan tidak sehat.

Sama seperti gangguan pola makan, olahraga yang berlebihan biasanya dipicu oleh tekanan masyarakat mengenai bentuk tubuh yang ideal. Bahkan, beberapa studi menyatakan bahwa wanita yang melakukan olahraga dengan berlebihan sangat berisiko untuk mengembangkan gangguan pola makan.

Olahraga yang berlebihan terjadi akibat obsesi dan ambisi yang berlebihan untuk mengubah bentuk tubuh yang tidak ideal, atau dengan kata lain, body image negatif. Aspek yang paling berbahaya dari olahraga berlebihan ini adalah seseorang merasa senang melakukannya. Padahal, jika hal ini dibiarkan, seseorang akan kekurangan nutrisi dan energi untuk menjaga kesehatannya.

Menurut American Journal of Sports Medicine, berbagai dampak buruk bisa terjadi apabila seseorang melakukan olahraga berlebihan yaitu otot tertarik, patah tulang, trauma lutut, paha belakang menjadi tegang, tendon menjadi robek, dan mengalami penyakit shin splints.

Olahraga yang benar itu harus dibatasi dan juga harus diselaraskan dengan gaya hidup Anda. Tingkatkan body image Anda agar Anda tidak melakukan olahraga secara berlebihan, oke Ladies?


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading