Sukses

Beauty

Pengaruh Media Terhadap Gambar Tubuh atau Body Image Seseorang

Media merupakan salah satu faktor utama yang berpengaruh terhadap gambar tubuh atau body image seseorang. Hal ini disebabkan banyak sekali wanita yang membandingkan bentuk tubuhnya dengan bentuk tubuh aktris dan model papan atas.

Seperti dilangsir dari laman en.wikipedia.org, penekanan media dan industri fashion mengenai bentuk dan ukuran tubuh ideal seorang wanita ternyata merugikan kesejahteraan kebanyakan wanita secara psikologis.

Karena wanita melihat aktris dan model yang bertubuh langsing, akhirnya banyak wanita yang melakukan diet dan olahraga. Kalau dilihat-lihat, sebenarnya diet dan olahraga itu kegiatan yang cukup bagus Ladies, sayangnya banyak sekali wanita yang melakukan diet dan olahraga secara berlebihan.

Apabila diet yang keliru itu dibiarkan, seorang wanita bisa saja mengalami penyakit anoreksia.

Berdasarkan sebuah studi, perempuan yang memiliki bentuk tubuh kecil karena tuntutan pekerjaannya (misalnya model dan penari), akan memiliki risiko untuk mengalami penyakit anoreksia. Studi tersebut juga menyatakan bahwa wanita yang mengalami anoreksia ternyata sangat dipengaruhi oleh media yang menekankan penurunan berat badan.

Menanggapi hal ini, ada beberapa negara yang sampai menetapkan standar minimal berat badan untuk model lho Ladies. Ada juga peraturan yang melarang perempuan bertubuh terlalu langsing untuk menjadi model iklan di dalam televisi. Apabila foto bentuk tubuh seseorang diubah atau diedit, penjelasan mengenai perubahan tersebut harus dicantumkan di dalam foto.

Semoga dampak negatif media ini tidak mempengaruhi body image Anda ya Ladies!


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading