Sukses

Beauty

Gangguan Pola Makan Akibat Gambar Tubuh atau Body Image Negatif

Berbagai gangguan pola makan itu disebabkan oleh bermacam-macam hal Ladies. Salah satu penyebab utamanya adalah gambar tubuh atau body image yang negatif.

Seperti dilangsir dari laman womenshealth.gov, gangguan pola makan adalah penyakit yang sangat serius. Anoreksia nervosa, bulimia nervosa, dan binge eating adalah tipe-tipe gangguan pola makan yang banyak terjadi.

Gangguan pola makan tersebut biasanya terjadi pada masa remaja atau pada masa dewasa awal, tapi bisa juga terjadi saat masa anak-anak atau masa dewasa akhir. Hal-hal yang berkontribusi memunculkan gangguan pola makan pada seseorang adalah sebagai berikut.

- Budaya. Di Amerika Serikat, bentuk tubuh yang langsing adalah standar ideal menurut sosial dan budaya.
- Karakteristik pribadi. Perasaan tidak berdaya, tidak berguna, dan body image yang buruk merupakan hal yang sering dijumpai pada penderita gangguan pola makan.
- Gangguan emosi lainnya. Gangguan emosi seperti rasa cemas dan depresi yang berlebihan juga dijumpai pada penderita gangguan pola makan.
- Perubahan hidup atau peristiwa yang membuat stres. Perubahan hidup misalnya memulai sekolah atau pekerjaan baru. Peristiwa yang membuat stres misalnya digoda, dilecehkan secara seksual, atau diperkosa.
- Biologi. Gen, hormon, dan bahan kimia dalam otak sepertinya berpengaruh terhadap gangguan pola makan.
- Keluarga. Jika orang tua memiliki gangguan pola makan, anak akan cenderung memiliki gangguan yang sama.

Hindari body image negatif agar Anda tidak mengalami gangguan pola makan ya Ladies!


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading