Sukses

Beauty

Dampak Buruk Gambar Tubuh atau Body Image Negatif Terhadap Kesehatan Seseorang

Gambar tubuh atau body image yang negatif adalah perasaan minder dan rendah diri seseorang mengenai bentuk tubuhnya sendiri. Body image yang negatif dapat menimbulkan masalah kesehatan pada seseorang.

Seperti dilangsir dari laman plannedparenthood.org, orang yang memiliki body image negatif akan cenderung mengalami hal-hal sebagai berikut:

- cemas, depresi, rendah diri, malu, dan sulit berkonsentrasi;
- terdorong untuk melakukan tindakan yang berisiko mengenai ksehatan seksualnya;
- memutuskan kehidupan sosialnya dengan orang lain akibat rasa minder dan rendah dirinya tersebut;
- menjadi malas untuk melakukan aktivitas-aktivitas yang mengharuskannya untuk menunjukkan bentuk tubuhnya, misalnya berolahraga, berenang, pergi ke dokter, dan melakukan hubungan intim dengan suami atau istrinya; dan
- penyakit-penyakit mental yang cukup serius, misalnya anoreksia (gangguan nafsu makan yaitu diet yang berlebihan), bulimia (gangguan nafsu makan yaitu mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak sekaligus, kemudian dimuntahkan), olahraga yang berlebihan, atau makan yang berlebihan.

Sebenarnya hal-hal di atas dapat juga dialami oleh orang yang memiliki body image positif Ladies. Namun, orang yang memiliki body image negatif cenderung lebih berisiko mengalami hal-hal di atas.

Hal-hal berbahaya seperti di atas cukup susah diatasi apabila sudah berkembang menjadi serius. Apabila seseorang mengalami gangguan mental terutama berkaitan dengan makanan, dia harus meminta bantuan dari dokter.

Dengan mengetahui dampak buruk body image negatif ini, semoga Anda terhindar dari body image negatif dan semoga Anda lebih mencintai bentuk tubuh Anda apa adanya.


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading