Sukses

Beauty

Tips Detox Sehat Dengan 7 Makanan Alami

Seiring dengan gaya hidup sehat yang banyak digaungkan para ahli kesehatan, detoksifikasi pun mulai banyak dilakukan. Detoks merupakan salah satu metode alami untuk pembersihan zat-zat di dalam tubuh. Hal ini terjadi secara alami dimana tubuh menetralisir dan membuang racun dari dalam. Termasuk membuang 'sampah-sampah' akibat aktivitas sel yang normal terjadi, misalnya amonia, lactic acid dan lain-lain.

Meskipun awalnya program detox lazim digunakan untuk perawatan bagi orang yang kecanduan alkohol dan obat-obatan terlarang, kini detox populer sebagai salah satu metode diet. Ada banyak metode yang bisa dilakukan untuk membuang racun dalam tubuh, salah satunya dengan mengkonsumsi makanan yang tepat. Dilansir oleh wonderlist.com, berikut 7 makanan alami yang ampuh untuk detoksifikasi.

(vem/wnd)

Grapefruit

Grapefruit merupakan buah yang termasuk dalam bangsa jeruk. Buah berwarna oranye cerah ini berfungsi baik untuk membersihkan sistem pencernaan tubuh. Segelas jus grapefruit dapat mencegah batu ginjal, lho. Kabar baiknya, buah ini juga baik sebagai pengganti gula karena memiliki rasa manis yang alami. Selain itu, grapefruit juga mengandung kalori yang baik untuk program diet Anda. Yang perlu diingat, jangan mengkonsumsi grapefruit bersama dengan obat karena akan menjadi racun bagi tubuh Anda.

Kentang Dan Ubi-ubian

Tahukah Anda, kentang ternyata juga baik untuk detoksifikasi? Kentang dan ubi jalar adalah makanan yang disarankan untuk detox karena mengandung banyak anti oksidan. Kandungan vitamin A dan C yang terkandung di dalam kentang dapat bekerja baik di tubuh untuk menangkal radikal bebas. Jika Anda lebih menyukai ubi jalar, keuntungan yang Anda dapatkan adalah ubi jalar mengandung senyawa yang dapat mengikat logam berat misalnya kadmium, tembaga dan merkuri sehingga proses detoksifikasi tubuh Anda dapat berlangsung dengan sempurna.

Brokoli

Sayuran kaya akan kalsium ini merupakan bahan makanan alami yang manjur untuk detox, lho. Brokoli kaya akan anti oksidant yang baik untuk pembersihkan tubuh. Selain itu, brokoli tinggi akan enzim yang dapat membantu sistem pencernaan Anda bekerja dengan baik. Menyantap segenggam brokoli mentah adalah cara yang baik untuk meningkatkan nutrisi dalam tubuh Anda.

Alpukat

Jus alpukat dingin yang nikmat ternyata bermanfaat bagi acara bersih-bersih racun dalam tubuh Anda. Pasalnya, alpukat sangat tinggi anti oksidan, termasuk kaya akan kandungan gluthathione. Zat ini akan membersihkan tubuh dengan meluruhkan racun-racun yang berbahaya. Dengan mengurangi jumlah racun dalam tubuh, tubuh Anda akan terasa lebih sehat dan lebih baik.

Kubis

Kubis adalah sayuran yang sangat mudah ditemui di Indonesia. Sayur yang biasa disantap sebagai pendamping lalapan ini, mengandung sulfur yang dapat menghancurkan zat kimia berbahaya dalam tubuh. Sulfur dapat membantu mengeluarkan racun yang tak sengaja termakan, misalnya pestisida sayuran dan obat-obatan yang berbahaya bagi tubuh jika mengendap terlalu lama di tubuh.

Bawang putih

Mungkin banyak yang kurang menyukai aroma menyengat bawang putih. Tetapi, tahukah Anda bawang putih mengandung banyak sulfur yang baik untuk membersihkan racun tubuh? Selain itu, bawang putih mengandung antibiotik yang dapat memperbaiki sel-sel dalam tubuh dari dalam. Meskipun mengakibatkan bau nafas kurang sedap, mungkin Anda dapat mulai mengkonsumsi bawang putih satu biji tiap hari. 

Bit

Bit, buah berwarna ungu ini menyimpan kandungan anti oksidan yang tinggi. Warna ungu dalam bit yang disebut betacyanin dapat menangkal kanker. Betaine, kandungan lain dalam bit, terbukti melindungi sel-sel hati. Bagi Anda yang bermasalah dengan buang air besar, bit dapat menjadi pilihan makanan berserat alami. Serat dalam bit yang disebut pectin terbukti meluruhkan bahan-bahan beracun dan zat kimia dalam tubuh. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading