Sukses

Beauty

Sering Lapar Di Tengah Malam? Ini Solusinya

Ketika tidak bisa tidur atau sedang mengerjakan sesuatu hingga tengah malam terkadang Anda merasa sangat lapar dan ingin memakan sesuatu. Tentu ini mengganggu, terutama jika Anda sedang menjalani diet penurunan berat badan.

Apakah Anda juga sering mengalami kelaparan di tengah malam? 

Milton Stokes, pembicara dari American Dietetic Association membeberkan beberapa solusinya, seperti dirilis weightwatcers.com:

Hindari melewatkan waktu makan

Melewatkan sarapan atau makan siang merupakan salah satu penyebab Anda kelaparan di tengah malam. Makanlah secara teratur dan dalam pola yang sama. Jika Anda melewatkan waktu makan, energi yang dimiliki tubuh menjadi kurang, dan akan habis sewaktu-waktu, seperti di tengah malam.

Pahami lapar Anda

Sangat penting untuk mengetahui perbedaan lapar secara fisik dan lapar secara emosional. Kebanyakan lapar tengah malam disebabkan oleh lapar secara emosional. Jika Anda tidak sedang lapar secara fisik, cobalah untuk mengalihkannya. Sikat gigi, berjalan-jalan sebentar, menelpon teman, merapikan ruangan, atau hanya duduk tenang selama 10 menit mungkin dapat mengalihkannya. Atau mungkin Anda hanya merasa haus, cobalah minum segelas air, rasa haus dan lapar seringkali membingungkan.

Jika benar-benar lapar

Jika Anda lapar secara fisik, Anda harus memakan sesuatu. Jika Anda terlalu memaksakan diri menahan keinginan makan Anda dapat mengalami binge eating di kemudian hari. Beberapa potong buah atau keju rendah lemak dapat Anda konsumsi ketika kelaparan. Anda juga bisa memakan yogurt atau segenggam kacang untuk meredakan rasa lapar.

Jika Anda telah mencoba semuanya, tetapi masih sering mengalami kelaparan di tengah malam atau terbangun hanya untuk memakan sesuatu, Anda mungkin mengalami gangguan makan yang disebut night eating syndrome. Gangguan ini ditandai dengan makan malam dalam porsi besar dan terbangun paling tidak 3 malam dalam seminggu, hanya untuk mengisi perut. Konsultasikan dengan dokter Anda jika Anda merasa mengalami gangguan makan tersebut.

 

 

(vem/cha)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading