Sukses

Beauty

Bulimia, Memuntahkan Makanan Agar Tetap Kurus

Demi membentuk tubuh agar nampak sempurna dan bisa mempertahankannya, banyak cara yang dilakukan oleh wanita. Hal-hal yang dapat membuat penimbang badan menunjukkan angka yang besar, sebisa mungkin akan mereka hindari. Namun terkadang, stress menghancurkan kerja keras mereka.
Saat stress, hal yang paling mudah dilakukan untuk menguranginya adalah dengan makan, makan dalam keadaan seperti ini disebut juga emotional eating. Setelah itu, kebanyakan wanita akan merasa bersalah. Salah satu cara mengobati rasa bersalahnya ini adalah dengan mencoba mengeluarkan kembali apa yang telah mereka makan. Hal itulah yang disebut dengan bulimia.
Ada beberapa faktor yang menyebabkan bulimia. Namun, penyebab yang paling mendominasi adalah karena rasa minder dan karena terlalu memperhatikan penampilan. Berikut akan dijelaskan lebih lanjut beberapa faktor dari bulimia, seperti dilansir dari situs helpguide:

Konsep bentuk tubuh ideal di masyarakat
Saat ini, gambaran tubuh ideal yang beredar di masyarakat adalah tubuh yang kurus. Hal ini kemudian diikuti oleh sebagian besar para wanita. Padahal, tubuh-tubuh kurus para model yang ditampilkan sebenarnya adalah foto yang telah diedit sedemikian rupa sehingga para model nampak begitu kurus.

Rasa minder atau rendah diri
Wanita yang merasa rendah diri, sangat mudah untuk terjerumus pada bulimia. Mereka ingin tampil percaya diri dengan membuat tubuh mereka sesempurna mungkin. Dan konsep sempurna di masyarakat adalah tubuh yang kurus, semakin kurus semakin baik.

Pernah mengalami penyiksaan atau trauma
Wanita yang mengalami pelecehan seksual cenderung mengalami bulimia. Selain itu, penganiayaan oleh orang tua juga dapat memicu hal ini. Rasa trauma yang mereka alami membuat mereka depresi dan melakukan hal-hal aneh termasuk bulimia.

Perubahan dalam hidup
Berubah adalah sesuatu yang tidak nyaman. Maka dari itu, saat ada yang harus berubah dalam hidup seperti saat pubertas dan putus cinta, stress sangat rawan terjadi. Lalu, untuk menghadapi stress tersebut, kebanyakan orang akan melakukan emotional eating dan setelah itu mereka akan menyesal, lalu mereka terjerumus pada bulimia.

Profesi
Beberapa macam profesi seperti model majalah, aktris, dan pekerjaan dalam bidang entertainment lainnya sangat menuntut pekerjanya untuk tampil sempurna. Lagi, sempurna di sini adalah konsep ideal yang beredar di masyarakat. Jadi, orang-orang dengan profesi tersebut akan mengikuti konsep tersebut dan terkena bulimia.

Itulah beberapa penyebab dari bulimia. Jika Anda pernah merasa minder dengan penampilan Anda, jangan sampai terjerumus pada kelainan ini. Coba Anda cari sisi positif dalam diri Anda yang lain, banyak hal yang Anda miliki untuk bisa menjadi percaya diri.

(vem/ris/and)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading