Sukses

Beauty

Mineral: Jenis dan Manfaatnya

Ladies, mineral adalah salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk membantu proses pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Seperti dimuat dalam eatbalanced.com, mineral ada banyak sekali macamnya, dan berikut beberapa diantaranya.

Sodium (Na). Mineral ini bermanfaat untuk menjaga tekanan darah dan sistem saraf, membantu kinerja saraf dan kontraksi otot, proses pencernaan, pembentuka tulang, dan menjaga kadar asam dan basa dalam tubuh. Sodium dapat diperoleh dari garam, mentega, minyak zaitun, dan juga makanan olahan.

Kalsium (Ca). Selain sangat berguna untuk pembentukan tulang dan gigi (99% kalsium dalam tubuh kita terdapat dalam tulang dan gigi), Kalsium juga membantu kinerja otot, jantung dan penggumpalan darah berlangsung normal, serta membantu mengontrol tekanan darah. Dapat ditemui dalam susu, yogurt, keju, sayuran hijau, tahu, dan buah-buahan.

Fosfor (P). Fosfor bekerja sama dengan kalsium dalam pembentukan tulang dan gigi (85% fosfor terdapat dalam tulang dan gigi kita). Fosfor juga berguna untuk membantu proses pemecahan karbohidrat, protein, dan lemak sehingga dapat menghasilkan energy. Fosfor dapat diperoleh dari susu, keju, telur, daging merah, polong-polongan, biji-bijian, kacang-kacangan, dan produk gandum utuh.

Sulfur (S). Mineral ini berguna untuk pembentukan tulang rawan, jaringan, rambut, dan kuku. Selain itu, sulfur juga berperan dalam proses metabolisme dan memelihara kesehatan sistem saraf. Sumber makanan yang mengandung sulfur antara lain, ikan, daging, susu, bawang putih, dan telur.

Well, ladies, itulah beberapa jenis mineral yang berperan penting dalam tubuh. Selain mineral yang disebutkan diatas masih banyak jenis mineral lainnya, seperti magnesium, potassium, klorida, zat besi, seng, selenium, mangan, yodium, tembaga, florida, kronium, dan molibdenim.

Oleh: Asizah

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading