Sukses

Beauty

Anda sedang Stress? Coba Lakukan Diet Ini

Hai Ladies, bagaimana kabarnya? Menjalani rutinitas yang padat seringkali membuat kita harus berhadapan dengan berbagai masalah dan menyeleseikannya segera. Ladies pasti sering merasa depresi atau stress kan? Nah ternyata ada cara mudah mengurangi dan bahkan menghilangkan stress loh Ladies. Ingin tahu?

Artikel yang dilansir oleh situs robbwolf.com menyatakan bahwa terdapat hubungan yang dekat antara diet dan stress. Di dalam tubuh manusia, terdapat sekelompok hormon yang diproduksi oleh tubuh ketika si empunya tubuh mengalami stress, hormon itu dinamakan glucocorticoids. Lalu apa hubungannya dengan diet?

Dengan dipicu oleh produksi hormon – hormon glukokortikoid, tubuh akan merespon dengan CRF (corticotrophin-releasing factor) yaitu respon tubuh akibat stress yang berupa keinginan mengkonsumsi makanan manis.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Dallman di tahun 2003 dapat disimpulkan pentingnya menjaga kerja neurotransmitter agar tetap seimbang. Neurotransmitter adalah sistem syaraf yang mengatur kerja semua aspek di tubuh manusia, termasuk pengendalian stress.

Orang cenderung mengkonsumsi makanan manis dengan kalori tinggi ketika mereka mengalami stress, namun Ladies ternyata hal itu tidak benar. Stress yang berkepanjangan memicu satu hormon dalam tubuh diproduksi secara terus – menerus menyebabkan hormon yang lain tidak bisa bekerja secara normal.

Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa apa yang harus kita lakukan adalah makan sesuai porsi sehat untuk dapat mengendalikan emosi melalui produksi hormon dalam tubuh. Sangat disarankan untuk lebih banyak mengkonsumi makanan yang kaya kandungan protein untuk membantu tubuh menyeimbangkan produksi hormon.

Oleh: Marintan Widi Lestari

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading