Sukses

Beauty

Diet Rendah GI

Ladies, taukah anda bahwa makanan yang ber-GI tinggi menyebabkan fluktuasi gula darah dalam tubuh? Apa itu GI? Indeks Glikemik (GI) adalah kemampuan dari makanan berkarbohidarat tinggi untuk meningkatkan glukosa (gula darah).

Oleh karena itu, bagi penderita diabetes, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang ber-GI rendah. Nah, bagaimana ya cara diet yang baik untuk mendapat GI yang rendah? Berikut kami bagi tipsnya untuk anda seperti dilansir dalam laman helpguide.org.

Perbanyak mengkonsumsi sayuran dan buah, seperti apel, buah pir, dan beri-berian. Juga, buah tropis seperti pisang, manga, dan papaya. Kenapa? Karena buah-buahan tersebut memiliki tingkat GI yang rendah.

Konsumsi gandum yang belum mengalami banyak pemrosesan, seperti roti kernel utuh, nasi merah, barley utuh, millet, atau yang mengalami pemrosesan secara tradisional, seperti granola alami atau sereal muesli.

Juga, konsumsi makanan yang mengandung protein dan lemak yang sehat, seperti ikan, daging ayam tanpa kulit, kacang-kacangan, dan alpukat.

Batasi mengkonsumsi roti putih dan pasta putih, serta makanan atau minuman yang mengandung gula. Bagi anda yang menderita diabetes, disarankan untuk meminum jus buah tidak lebih dari satu gelas per hari, dan hindari ice cream. Ladies, walaupun mengandung GI rendah, ice cream mengandung kalori yang tinggi yang berbahaya bagi penderita diabetes.

Selain itu, jangan sampai melewatkan sarapan ya, ladies. Makanlah tiga kali sehari secara teratur. Ingat, nikmati makanan anda, jangan makan terburu-buru dan jangan sampai terlalu kenyang.

Well, ladies, itulah info seputar tips diet rendah GI bagi penderita diabetes. Hope it might be helpful!

Oleh: Asizah

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading