Sukses

Beauty

Pentingnya Perhitungan Karbohidrat untuk Diabetes Tipe 2

Memelihara diet untuk kesehatan adalah hal yang penting bagi setiap orang, tapi ini menjadi sangat mendesak bagi penderita diabetes. Mengikuti aturan makan yang tepat dapat membantu penderita diabetes menjaga kadar gula dalam darahnya. Lalu, apa itu aturan makan yang tepat? Apa yang harus dimakan dan berapa banyak?

Menurut webmd.com salah satu diet diabetes tipe 2 adalah diet karbohidrat. Karbohidrat merupakan salah satu makanan pokok utama yang bertugas menyediakan tenaga dalam bentuk glukosa. Dan glukosa, seperti Ladies ketahui, adalah gula yang menjadi sumber energi utama untuk sel-sel dalam tubuh.

Ada dua cara untuk mengkelompokkan karbohidrat: jenis sederhana dan kompleks. Karbohidrat sederhana adalah gula seperti glukosa, sukrosa, laktosa dan fruktosa. Gula tersebut dapat ditemukan di dalam gula tebu dan buah-buahan.

Karbohidrat kompleks lebih menjadi kombinasi kimiawi dari beberapa gula sederhana. Ditemukan di kacang-kacangan dan sayuran. Karbohidrat komplek cenderung lebih menyehatkan karena dicerna secara perlahan dan mengandung banyak serat.

Karbohidrat memiliki efek secara langsung terhadap gula darah kareka karbohidrat langsung dipecah menjadi gula selama pencernaan.karbohidrat banyak ditemukan pada buah-buahan, susu, yogurt, nasi, roti, kacang-kacangan, dll.

Perhitungan karbohidrat adalah metode pengaturan pola makan, ini merupakan cara sederhana tapi amat penting untuk mengendalikan total karbohidrat yang dikonsumsi tiap hari. Menghitung gram dari karbohidrat dan persebarannya dalam makanan akan membantu mengendalikan kadar gula dalam darah dan Ladies tidak harus khawatir tentang diabetes.

Oleh: Orista V Anggraningtyas

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading