Sukses

Beauty

Jam Ini Seharusnya Kamu Sarapan, Makan Siang dan Makan Malam

Kamu mungkin selama ini hanya tahu bahwa waktu sarapan adalah sekitar jam 6-8 pagi, makan siang sekitar jam 12 siang dan makan malam sekitar jam 7 malam ke atas. Tapi tahukah kamu, bahwa ternyata ada waktu yang tepat lho kapan saatnya sarapan, makan siang dan makan malam jika kamu ingin menurunkan berat badan.

Dengan kata lain, kamu tetap bisa makan 3 kali sehari asal tahu kapan timing yang tepat untuk makan agar berat badan nggak nambah. Sebuah penelitian terbaru dari Harvard University menyatakan, tak peduli seberapa sehat kamu makan, tapi jika waktu makanmu tidak teratur dengan ritme sirkardian tubuhmu, kadar gula darah bisa melonjak 18% dari angka normal.

Hal ini bisa meningkatkan aktivitas hormon insulin dan hal ini tak baik untuk kesehatan. Untuk sarapan, berdasarkan data dari National Weight Control Registry, 80 persen orang yang mampu menurunkan berat badan hingga 30 pounds atau lebih ternyata rajin sarapan antara pukul 06:00 hingga 09:45 pagi. Kebiasaan sarapan ini juga menurunkan risiko terbentuknya lemak tubuh dan mampu mengendalikan kadar gula darah.

Untuk makan siang, beri jarak 2-4 jam setelah sarapan. Misalnya kamu makan jam 7 pagi, maka kamu bisa makan siang mulai jam 11 siang, begitu seterusnya. Dan makan siang tidak boleh lebih dari jam 3 sore. Penelitian tahun 2016 yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition menyatakan bahwa orang-orang yang makan siang lebih awal lebih sukses menjaga berat badan atau bahkan menurunkan berat badan.

Untuk makan malam, pastikan tidak lebih dari jam 7 malam. Penelitian dari Brigham Young University membuktikan bahwa orang yang tidak lagi menyentuh makanan dan tidak menuju dapur di atas jam 7 malam selama 2 minggu, mampu mengurangi asupan kalori sehingga bisa menjaga berat badan lebih stabil.

Jadi, sekarang kamu tahu kan kapan sebaiknya sarapan, makan siang dan makan malam? Pastikan kamu mengikuti aturannya dan kamu akan melihat perbedaannya. Pastikan juga kamu nggak ngemil lagi di luar jam-jam itu ya.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading