Sukses

Beauty

Olahraga Aerobic Bisa Tingkatkan Daya Ingat dan Kesehatan Otak

Olahraga bukan hanya bisa membuat tubuhmu lebih bugar dan efektif membakar lemak tubuh sehingga tubuhmu langsing. Olahraga juga mampu meningkatkan kemampuan dan kesehatan otak, apalagi senam aerobik.

Senam aerobik memang lebih identik dengan senam para wanita, dan bersyukurlah jika kamu salah satu yang menyukainya. Karena para peneliti dari Wake Forest School of Medicine menemukan bahwa olahraga aerobik bisa meningkatkan volume, kemampuan berpikir dan mengingat pada orang dewasa, bahkan bisa mengurangi risiko mengalami pikun (demensia).

Pemanasan berupa peregangan tubuh (stretching) juga membantu meningkatkan volume otak dalam 6 bulan latihan, tapi tidak menunjukkan peningkatan fungsi otak yang signifikan. Penelitian yang dipresentasikan pada seminar radiologi tahunan di Chicago ini menunjukkan teknik MRI untuk mengukur pengaruh olahraga aerobik terhadap volume, fungsi dan kemampuan otak dalam perkembangannya pada demensia.

Ada dua kelompok yang dibedakan, yang olahraga dan yang tidak. Beberapa olahraga aerobik yang diujicobakan adalah berjalan/treadmill, bersepeda, dan senam. Setelah enam bulan, scan MRI menunjukkan bahwa kelompok olahraga aerobik memiliki peningkatan dalam daya ingat, berpikir dan fungsi otak lainnya.

Laura D. Baker, PhD, profesor pengobatan gerontologia dan geriatrik Wake Forest mengatakan, "Bahkan latihan aerobik dalam waktu sebentar bisa memberikan perubahan pada fungsi otak." Jadi, sangat bagus jika banyak orang bisa melakukan olahraga aerobik setiap hari, apalagi mereka yang menjelang lanjut usia.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading