Sukses

Beauty

5 Tanda Bahwa Darah Menstruasimu Ternyata Adalah Endometriosis

Wajar bagi sebagian besar wanita jika mengalami kram saat menstruasi. Hal ini bisa terjadi kapan saja saat menstruasi dan disebabkan banyak hal. Tapi ada satu penyebab yang harus kamu waspadai, yaitu endometriosis.

Endometriosis adalah kondisi kronis disertai radang di mana jaringan abnormal tumbuh di sekitar atau menonjol keluar rahim yang menyebabkan rasa sakit pada bagian panggul. Setiap bulan sel-sel jaringan ini akan mengeluarkan darah namun darah ini terjebak di dalam tubuh sehingga menyebabkan rasa sakit luar biasa saat kamu menstruasi.

Namun ada cara membedakannya, apakah darah yang keluar adalah menstruasi normal atau ternyata tanda adanya endometriosis di dalam tubuh.

    Rasa sakit hingga tak bisa beraktivitas

    Rasa sakit bisa sangat tak tertahankan hingga kamu tak bisa melakukan kegiatan seperti hari-hari biasa. Rasa kram dan nyeri begitu kuat bahkan bisa membuatmu sangat lemas hingga pingsan. National Health Service mengatakan bahwa 3 dari 4 wanita dengan endometriosis mengalami serangan nyeri hebat saat menstruasi.

    Merasa sakit di bagian tubuh lain

    Nyeri dan rasa sakit tak hanya muncul di area kewanitaan seperti bawah perut, pinggul dan bawah tulang belakang, tapi juga bisa terjadi di bagian tubuh lain seperti misalnya pada paru-paru dan liver. Bahkan ada yang merasa sakit di otak, meski sangat jarang.

    Rasa sakit selama sebulan

    Rasa sakit karena endometriosis juga dipengaruhi oleh siklus hormonal, tapi bukan berarti hanya terjadi saat menstruasi saja. Untuk beberapa wanita, Endometriosis bisa menyebabkan luka di jaringan atau mengganggu organ lain dalam tubuh sehingga rasa sakit bisa terjadi terus menerus bahkan sebulan.

    Sakit setelah bercinta

    Jika jaringan endometriosis berada dekat vagina, ada kemungkinan kamu juga akan merasa sakit setiap kali saat melakukan hubungan seksual. Jika hal ini terjadi dan kamu patut memeriksakannya ke dokter.

    Sakit saat buang air kecil

    Bagian bawah perut terasa sakit, begitu pula jika kamu menahan buang air kecil dan pada saat buang air kecil. Beberapa bahkan mengalami pendarahan saat buang air kecil karena rasa sakit ini.

Jika lima hal di atas terjadi padamu, kamu patut hati-hati dan segera periksa ke dokter ya ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading