Sukses

Beauty

5 Gejala Menopause Yang Jarang Disadari Oleh Wanita

Pada dasarnya, setiap wanita akan mengalami masa menopause. Tapi sayangnya, rutinitas dan kesibukan sehari-hari yang padat sering kali membuat seseorang lupa mengenai perubahan yang ada di dalam dirinya. Termasuk perubahan seseorang yang sedang mengalami menopause. Dilansir dari laman prevention.com, ada beberapa gejala yang akan dialami oleh wanita ketika ia memasuki masa menopause. Dan biasanya, gejala ini sering kali tidak disadari oleh wanita. Apa sajakah gejala tersebut? Berikut ulasannya untuk Anda.

    Kegerahan

    Apakah Anda pernah merasakan kegerahan dan tubuh tiba-tiba berubah menjadi panas dan tidak nyaman? Jika iya, mungkin Anda sedang memasuki masa perimenopause. Menurut study, gerah dan panas ini terjadi karena fluktuasi hormonal di dalam tubuh. Merasa gerah dan panas meski cuaca sedang dingin dipercaya sebagai salah satu tanda bahwa seseorang sedang memasuki masa menopause. Tidak jarang gerah dan panas ini akan membuat seseorang susah tidur, tidak nyaman dan merasa kesal.

    Jantung Berdebar-Debar

    Ketika seseorang sedang memasuki masa menopause, tidak jarang orang ini akan merasakan jantung berdebar-debar secara tiba-tiba. Tanpa alasan jelas, jantung akan berdetak lebih kencang dari biasanya. Tapi jangan khawatir Ladies, jantung berdebar ini tidak akan berlangsung lama dan akan segera normal kembali beberapa saat kemudian. Nieca Goldberg, MD, seorang direktur medis dari New York University Langone Joan H. Tisch Center for Women's Health mengatakan jika jantung berdebar ketika memasuki masa menopause adalah hal yang wajar dan umum dialami wanita.

    Menyukai Tidur Siang

    Saat seseorang memasuki masa menopause, sadar atau tidak ia akan sering kali merasa ngantuk pada waktu siang. Karena merasa ngantuk inilah, ia akan sangat suka dengan aktivitas tidur siang. Hampir sama dengan bayi yang perlu istirahat cukup siang dan malam, wanita yang memasuki masa menopause juga membutuhkan istirahat cukup siang maupun malam.

    Organ Intim Lebih Kering Dari Biasanya

    Ketika wanita memasuki masa menopause, ia akan mengalami perubahan hormon yang cukup signifikan. Dan karena perubahan hormon inilah, tidak sedikit wanita yang mengalami pengurangan jumlah cairan di dalam organ intimnya. Meski begitu, tidak banyak wanita yang menyadari akan hal ini. Kalaupun menyadarinya, mereka akan menyadarinya ketika sedang melakukan hubungan intim dan merasa tidak nyaman.

    Gairah Seksual Menurun

    Pada umumnya, wanita yang telah memasuki masa menopause akan mengalami penurunan gairah seksual. Tidak hanya itu saja, selain mengalami penurunan gairah seksual, wanita yang sedang memasuki masa menopause juga akan merasa tidak nyaman, kesakitan dan kurang konsentrasi saat melakukan hubungan intim bersama pasangan.


Itulah beberapa gejala dari menopause yang sering kali tidak disadari oleh wanita. Selain gejala di atas, gejala lainnya adalah adanya infeksi saluran kemih, lemak tubuh meningkat, kolesterol dalam tubuh meningkat, susah tidur (insomnia), daya ingat mengalami gangguan dan tulang menjadi lebih rapuh serta lemah. Sekian informasi yang bisa kami berikan dan semoga bermanfaat ya.




(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading