Sukses

Lifestyle

5 Manfaat Berciuman Bagi Kesehatan

Ladies sekalian, Anda pasti sudah tahu berciuman dapat memberikan kenikmatan yang luar biasa. Sebelum berangkat kerja atau setelah lelah bekerja seharian, berciuman dengan suami tentu dapat membuat Anda semakin semangat menghadapi hari dan menghilangkan rasa lelah pada tubuh dan pikiran.

Nah, ternyata berciuman tidak hanya memiliki manfaat yang baik bagi sebuah hubungan saja, berciuman juga dapat memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Tidak percaya? Simak saja 5 manfaat berciuman bagi kesehatan yang telah terbukti secara ilmiah berikut ini yang dilangsir dari situs popsugar.com.

Meningkatkan kekebalan tubuh
Sebuah studi yang diterbitkan pada jurnal Medical Hypotheses menyebutkan bahwa ciuman dapat meningkatkan kekebalan tubuh wanita terhadap Cytomegalovirus. Cytomegalovirus merupakan virus yang dapat menyebabkan kebutaan pada bayi apabila wanita tersebut sedang mengandung dan membawa virus tersebut.

Cytomegalovirus dapat ditularkan melalui kontak mulut seperti berciuman dan dari ciuman tersebut itulah yang dapat menjadikan tubuh kuat melawan virus tersebut. Cytomegalovirus memang tidak terlalu berbahaya bagi orang dewasa, tapi cukup berbahaya bagi janin.

Membantu Anda menemukan pasangan terbaik
Saat berciuman, sebagian besar korteks bekerja untuk merasakan sensasi yang terjadi pada lidah, bibir, pipi, dan hidung. Hal tersebut digunakan untuk merasakan perasaan yang paling sensitif, yakni bau dan rasa. Jadi, ciuman tidak hanya sekedar ciuman karena saat berciuman Anda akan mengetahui apakah ia adalah orang yang tepat atau bukan.

Membakar kalori
Malas pergi ke gym atau lari pagi? Tidak perlu khawatir karena ternyata berciuman yang penuh gairah selama satu menit dapat membakar 2 hingga 6 kalori. Hal tersebut mungkin tidak setara dengan jogging atau berenang, tapi berciuman selama satu jam sudah dapat membakar kalori dari satu kotak cokelat yang baru saja Anda makan.

Menjaga otot wajah tetap kuat
Peneliti mengatakan bahwa ada 30 otot wajah yang digunakan saat berciuman sehingga ciuman dapat menguatkan otot-otot wajah tersebut dan tentu saja membuat kulit lebih kencang. Maka dari itu, jangan pernah menyepelekan saat berciuman dengan suami Anda karena Anda berdua dapat memiliki wajah yang awet muda hanya dengan rajin berciuman.

Membuat tubuh merasa lebih rileks
Para ilmuwan mengungkapkan bahwa berciuman dapat meningkatkan kadar hormon oxytocin dalam tubuh yang bertanggung jawab dalam membuat Anda merasa tenang. Selain itu, berciuman juga meningkatkan kadar hormon endorphin yang dikenal dapat membuat tubuh merasa rileks serta hormon dopamine yang meningkatkan keintiman dengan pasangan.

Dengan kata lain, ciuman tidak hanya berguna untuk menunjukkan rasa sayang, tapi juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Oleh : Lies Nureni

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading