Sukses

Beauty

Emosi Dan Kram Perut Coba Kala Menstruasi, Coba Makan Ini

Saat menstruasi tiba, sebagian wanita akan mengalami kram pada bagian perut yang sering kali membuat mereka menjadi tidak bisa melakukan kegiatan sehari-hari. Selain itu, saat menstruasi datang, hormon yang bekerja akan membuat tubuh wanita tidak nyaman.

Tidak hanya nyeri pada perut, berbagai keluhan pun akan muncul, misalnya saja seperti pusing, lemas, emosi yang tidak stabil hingga nyeri pada beberapa bagian tubuh. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat tubuh menjadi lebih fit pada saat menstruasi datang, salah satunya adalah dengan mengonsumsi beberapa makanan berikut:

    Air putih

    Saat Anda sedang menstruasi, masalah yang paling sering terjadi adalah dehidrasi. Oleh karena itu, untuk menghindari dehidrasi disarankan untuk mengonsumsi air sebanyak mungkin selama periode menstruasi. Selain itu, selama masa menstruasi, seorang wanita akan kehilangan banyak cairan.

    Kacang-kacangan

    Beberapa jenis kacang-kacangan dipercaya dapat membantu mengembalikan zat besi dalam tubuh selama menstruasi. Contohnya saja almond dan kenari yang dapat membantu mengembalikan zat besiĀ  dengan baik. Namun, hindari kacang pistachio karena mengandung banyak garam yang akan menyebabkan retensi air selama menstruasi.

    Sayuran hijau

    Makanan sehat lainnya yang bisa Anda konsumsi saat menstruasi adalah sayuran hijau. Pasalnya, sayuran hijau kaya akan kalsium, magnesium dan kalium. Beberapa kandungan dari sayuran hijau tersebut dapat membantu meringankan dan mencegah terjadinya nyeri pada perut. Selain itu, sayuran hijau pun mengandung vitamin K yang tinggi yang sangat dibutuhkan untuk mengentalkan dan mencegah kekurangan darah.

    Asam lemak omega-3

    Asam lemak omega 3 yang terkandung pada salmon, kenari, dan flaxseed merupakan asupan yang dapat meringankan nyeri perut pada saat menstruasi. Bahkan, beberapa ahli kesehatan menemukan bahwa perempuan yang diet seimbang dengan memilih mengonsumsi omega-3 dan menghindari konsumsi lemak, cenderung mempunyai gejala menstruasi lebih ringan.

    Cokelat

    Masa menstruasi merupakan masa di mana emosi wanita sedang tidak stabil, kadang naik dan turun. Nah, mengonsumsi cokelat dipercaya dapat memperbaiki mood Anda selama menstruasi. Selain itu, cokelat mengandung magnesium, nutrisi yang akan habis saat siklus menstruasi datang.

Nah, jika sudah mulai bad mood dan kram perut karena pengaruh menstruasi, Anda cukup menyiapkan makanan-makanan di atas ya Ladies.

Sumber: MeetDoctor

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading