Sukses

Beauty

Ketahui Ada Berapa Dan Apa Saja Fungsi Hormon Saat Menstruasi

Ladies, secara fisik saja, tubuh Anda sudah jelas berbeda dengan pria. Hal ini tentu saja menandakan bahwa cara kerja beberapa hormon di dalam tubuh Anda juga berbeda dengan hormon di dalam tubuh pria, bahkan sangat mungkin hormon yang Anda miliki tidak dimiliki oleh lawan jenis, seperti misalnya hormon saat menstruasi.

Siklus menstruasi Anda dikendalikan oleh beberapa hormon yang dihasilkan tubuh, dan beberapa hormon kewanitaan, seperti dikutip dari www.babycentre.co.uk, memiliki peran dan fungsinya sendiri, beberapa di antaranya adalah

Hormon Gonadotropin-releasing hormone (GnRH) yang diproduksi hipotalamus, bagian otak besar Anda. Fungsinya adalah merangsang tubuh Anda untuk membuat dan melepaskan hormon FSH dan LH.

Hormon Follicle stimulating hormone (FSH) sendiri, diproduksi di kelenjar hipofisis yang ada di dalam otak Anda. Hormon ini berfungsi membuat telur dalam kantung telur (ovarium) matang dan siap dikeluarkan ke rahim. Luteinising hormone (LH) sendiri, merupakan hormon yang diproduksi kelenjar hipofisis untuk merangsang ovarium melepas telur.

Sedangkan hormon estrogen dan progesteron diproduksi dalam ovarium untuk masa pertumbuhan wanita saat mengalami puber dan menjaga siklus reproduksi wanita tetap teratur dan mempertahankan kehamilan.

Jadi, Anda sudah tahu bukan ada berapa hormon di dalam tubuh wanita saat menstruasi dan fungsinya apa saja? Yuk, kenali tubuh Anda sendiri.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading