Sukses

Parenting

Vasektomi Tanpa Operasi

Vasektomi, salah satu bentuk kontrasepsi yang dilakukan melalui operasi memang terdengar sedikit mengerikan ya, Ladies. Namun ternyata ada lho, metode lain untuk melakukan vasektomi selain dengan jalan operasi. Metode tersebut dinamakan non-surgical atau non-scalpel vasectomy.

Terlansir dari laman medicinenet.com, metode tersebu ditemukan oleh seorang ahli bedah China dan sudah banyak diaplikasikan di China sejak tahun 1974.

Metode tersebut kemudian diperkenalkan di Amerika sejak tahun 1988 dan sejak saat itu sampai sekang banyak dokter sudah memprektekannya. Metode ini menggunakan alat bantu berupa penjepit yang ujungnya berbentuk lancip. Penjepit itu tersebut kemudian dimasukan kedalam kulit melalui kantung Mr.P dan kemudian dibuka.

Keuntungan menggunakan metode ini adalah sedikitnya pendarahan yang mungkin terjadi. Selain itu, dokter juga tidak perlu menjahit luka akibat tusukan yang digunakan sebagai jalan masuk. Luka akibat tusukan pun juga akan mudah sembuh dan jarang terjadi komplikasi setelah operasi selesai dilakukan.

Ada juga satu metode lagi yang disebut vasclip implant procedur. Pada metode ini, vas deferens akan dikencangkan dekat dengan sebuah alat bernaman Vasclip.

Vas deferens tidak akan mengalami pemotongan atau jahitan sehingga resiko terjadinya komplikasi atau rasa sakitpun akan sangat minim. Namun, beberapa studi menunjukan bahwa metode pengguntingan ini tidak seefektif metode sebelumnya.

Minimnya resiko kehamilan maupun komplikasi setelah operasi membuat banyak orang mempercayai vasektomi sebagai langkah paling ampuh untuk mencegah kehamilan. Bagaimana dengan Anda dan suami, Ladies?

 

Oleh: Ardisa Lestari

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading