Sukses

Lifestyle

Di Usia Berapa Wanita Rawan Jadi Korban Perkosaan?

Dibandingkan kaum laki-laki, wanita memang memiliki risiko lebih tinggi menjadi korban pelecehan seksual. Kemungkinan menjadi korban pelecehan seksual menjadi lebih tinggi lagi jika wanita tersebut berada dalam usia rawan perkosaan. Di usia berapa?

Seperti dilaporkan oleh journalistsresource.org, wanita berusia 16 hingga 24 memiliki kecenderungan empat kali lebih tinggi menjadi korban perkosaan. Di antara semua kasus yang terjadi, perkosaan memang lebih banyak menimpa wanita dalam rentang usia tersebut.

Meski demikian, bukan berarti wanita di usia selain itu tidak terancam bahaya tindak kekerasan seksual. Walau risikonya lebih kecil, namun perkosaan pada wanita di bawah 16 tahun atau di atas 24 tahun tetap saja bukan angka yang bisa dibilang kecil.

Belum diketahui pasti kenapa wanita di usia tersebut lebih rawan menjadi sasaran. Kemungkinan besar, di usia inilah wanita menunjukkan pesona yang lebih kuat, sehingga memikat banyak pelaku tindak kekerasan seksual. Selain itu, wanita di usia ini juga dianggap lebih aktif dalam pergaulan, sehingga bertemu banyak orang yang di antaranya adalah pelaku kekerasan seksual.

Namun masalnya, tidak semua kasus pelecehan seksual ditindak tegas oleh hukum. Karena rasa malu, takut atau segan (karena pelaku adalah orang dekat korban), banyak korban yang memilih tutup mulut dan membiarkan kasus ini tetap jadi rahasia. Padahal dalam jangka panjang kebisuan ini malah akan menimbulkan masalah lain yang tak kalah rumit.

 

Oleh: Pelangi Permatasari

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading