Sukses

Parenting

"Alat Pengaman": Cek Dulu Sebelum Digunakan

Dewasa ini, tingkat penyebaran penyakit menular seksual semakin meningkat. Oleh karena itu, bukanlah hal yang luar biasa ketika penggunaan alat kontrasepsi saat berhubungan seksual sangat dianjurkan.

Alat kontrasepsi atau alat pengaman itu sendiri adalah salah satu solusi yang dapat Anda gunakan bersama pasangan untuk mewujudkan hubungan seksual yang aman dan sehat. Salah satu jenis alat kontrasepsi yang pupuler di kalangan masyarakat adalah kondom.

Sebelum Anda atau pasangan menggunakan alat pengaman, ada baiknya jika Anda memperhatikan beberapa hal seperti yang telah dilansir wikihow.com berikut ini.

1. Cek tanggal kadaluarsa dari alat pengaman yang akan Anda gunakan. Setiap kemasan alat pengaman, kondom misalnya, selalu menyertakan tanggal kadaluarsa produk. Perhatikan dengan benar dan jangan menggunakan alat kontrasepsi yang telah kadaluarsa.

2. Perhatikan kemasan luar dari alat kontrasepsi tersebut. Jika kemasannya mengalami kerusakan sehingga Anda tidak yakin, maka lebih baik simpan saja produk tersebut dan jangan digunakan.

3. Periksa kondisi fisik produk dengan mengeluarkannya dari kemasan. Sebagai contoh, jika kondom dalam keadaan sangat kering atau lengket, jangan gunakan produk tersebut. Kondom yang demikian itu mungkin mengalami kerusakan ketika sedang dalam proses produksi atau proses pengemasan. Selain itu, perhatikan juga kualitas kondom tersebut, jangan sampai ada lubang atau bagian yang mudah sobek. Jika ada bagian yang berlubang atau terlihat mudah sobek, lebih baik jangan Anda gunakan. Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah isi kondom tersebut dengan air sehingga Anda bisa melihat apakah ada lubang atau tidak.

Berbagilah tips-tips di atas dengan pasangan, Ladies. Semoga bermanfaat.

 

Oleh: Rya

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading