Sukses

Lifestyle

Lichen Sclerous, Penyakit Langka Yang Menyerang Miss V

Ladies, pernahkah Anda mendengar istilah Lichen Sclerous (LS)? LS adalah nama dari salah satu penyakit langka yang menyerang daerah vulva Miss V. Berdasarkan sebuah penelitian yang disadur dari netdoctor.co.uk, 1 dari 1000 wanita terjangkit penyakit ini. Biasanya, Lichen Sclerous menyerang wanita pada usia-usia paruh baya. Untuk penyebabnya sendiri masih belum diketahui sampai sekarang, tapi yang jelas LS tidak disebabkan oleh penularan dari orang lain.

Penyakit ini bisa digolongkan sebagai penyakit autoimun, yaitu penyakit di mana imun seseorang menyerang jaringan dalam tubuhnya sendiri. Jika LS tidak diberi penanganan segera, itu akan menyebabkan dampak yang sangat besar untuk kehidupan seksual wanita.

Jika seseorang sudah divonis terjangkit Lichen Sclerous, maka ia harus mendapatkan penanganan medis. Hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan tes agar penyakit dapat segera diketahui stadium dan kondisinya. Jika memang perlu diadakan tes lanjutan, mungkin Anda dapat mencoba biopsy sehingga daerah yang terinfeksi atau jaringan yang terinfeksi dapat diperiksa di bawah mikroskop. Cara tes lain yang mungkin dilakukan adalah dengan menggunakan emolien, jangan gunakan sabun atau busa mandi.

Selama semua proses jenis pengobatan, penderita biasanya disarankan untuk tidak berhubungan seks selama beberapa minggu dan ketika akan bercinta lagi, disarankan untuk menggunakan lubrikan. Pada saat tertentu, vaginal dilator juga dapat digunakan. Jika kondisi LS sudah parah, maka penderita biasanya akan dirujuk untuk operasi supaya penyakit bisa betul-betul dilenyapkan dari akarnya.

 

Oleh: Fadhila Eka Ratnasari

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading