Sukses

Lifestyle

Pederasty; Homseksualitas di Yunani Kuno

Ladies, tahukah Anda bahwa tidak hanya Islam yang memiliki sejarah mengenai homoseksualitas? Selain Sodom dan Gomorah, ternyata ada banyak cerita mengenai homoseksualitas yang selama ini tidka kita ketahui. Salah satunya diambil dari
Yunani kuno, seperti yang dilansir oleh conservapedia.com.

Salah satu fenomena yang paling banyak ditemui dalam cerita mengenai homoseksualitas di mitologi Yunani adalah pederasty. Pederasty adalah sebuah hubungan yang terjalin antara lelaki dan pemuda, dimana si pemuda merupakan pasangan yang pasif. Bisa dikatakan, pederasty merupakan asesoris sentral kehidupan para masyarakat kelas atas.

Homoseksualitas di masyarakat Yunani juga banyak diungkapkan melalui drama tragedi dan cerita-cerita mitoogi. Setidaknya ada 1.000 drama tragedy yang diproduksi di Yunani.

Yang membuat hal itu begitu menjadi fenomenal adalah keadaan dimana pelaku pederasty memamerkan hubungan mereka kepada khalayak umum. Di sisi lain, hubungan tersebut tidak bisa dibuktikan dalam dokumen pribadi seperti surat cinta.

Tidak hanya itu, beberapa penulis besar Yunani juga disinyalir menjadi tonggak berdirinya pederasty yang terdokumentasi dalam masyarakat Yunani kuno. Para penulis tersebut, dan penlis besar lainnya seperti Plao, Xenophon, dan lainnya.

Pederasty ternyata tidak hanya dilakukan karena keinginan atau rasa kasih sayang semata. Namun, para lelaki dewasa (the erastest) menjadikan para pemuda pasangan mereka (the eromenos) untuk menjadi mentor. Praktek ini biasanya dilakukan dalam konteks pernikahan dan juga merupakan bumbu pernikahan, sehingga si laki-laki, atau si suami, berorientasi biseksual.

Nah Ladies, itulah sedikit wawasan mengenai homoseksualitas di masyarakat kuno Yunani. Semoga menambah wawasan.

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading